Aceh Tamiang – Humas: Wakil Bupati Aceh Tamiang Tengku Insyafuddin, ST pada Selasa (26/03/2019), melepas delegasi Gita Swara Tamiang (GST) mewakili Aceh mengikuti Festival Paduan Suara Antar Komunitas Kedutaan Negara-negara Sahabat bekerjasama dengan Masyarakat Adat Daerah-daerah Noeswantara. Delegasi yang dilatih sekaligus diketuai Elisa, Kasie Kesenian dan Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Aceh Tamiang rencananya akan berada di Jakarta selama 4 (empat hari), mulai tanggal 27 s.d. 30 Maret 2019.

 

Elisa mengatakan Aceh Tamiang (GST –red) ditunjuk oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh karena terus menjuarai paduan suara Istana Negara (Gita Bahana Nusantara), mulai dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2018. Ia juga menyebutkan bahwa kelompok paduan suara yang dibimbingnya tersebut, selama dua tahun berturut-turut, yakni tahun 2017 dan tahun 2108 mendapatkan  medali perak dan emas di Festival Paduan Suara International.

 

Festival Paduan Suara Kolaborasi antara Negara Sahabat dan Daerah di Indonesia Tahun 2019 diadakan untuk menyongsong hadirnya era baru dalam tata dunia yang berubah cepat. Dorongan berbagai perkembangan teknologi yang berdampak pada perubahan gaya hidup dan segala aspeknya di mana dimensi kultural sebagai sarana dialog, mediasi, asimilasi, kolaborasi, ekspresi kebersamaan universal merupakan sebuah keniscayaan. Dalam kesempatan ini, juga dimungkinkan adanya kolaborasi Kedutaan Negara Sahabat dengan salah satu Pemerintah Daerah dalam mempersiapkan keikutsertaan dalam Festival ini, misalnya dalam bentuk pelatihan lagu, musik, gerak tari/koreografer, bantuan kostum daerah, alat musik daerah, aransemen dan penampilan, dan lain sebagainya.   

 

Acara puncak Festival dilaksanakan tanggal 29-30 Maret besok. Di mana perwakilan paduan suara Aceh dijadwalkan akan tampil bersama Palestina pada Jumat (29/03) sekira pukul 15.15 WIB. Elisa berharap semoga ia bersama tim paduan suara yang ikut serta dapat memberikan penampilan terbaik dan hasil yang memuaskan. Sementara itu, para peserta dalam delegasi paduan suara Gita Swara Tamiang yang akan mewakili Aceh dalam festival tersebut adalah; Elisa (pelatih), Fauza Amelia, Syahnaz Farsia Dahni, Dwi Fitri Rizki, Puja Salsabila Tami Br. Tarigan, Khairunnisa Umar, Dara Citra, M. Arifin, Edward M. Gultom, Juanda Syahputra, Yangkin Marpaung, M. Dhorin Alfianur, dan M. Irfan. Kedua belas nama terakhir merupakan penyanyi paduan suara. [zuw]