Langsa – Humas: Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M.Kn., hadiri undangan Acara Syukuran dan Peresmian Pelabuhan Kuala Langsa sebagai Pelabuhan Ekspor-Impor Produk Tujuan Tertentu. Pemberian izin dilakukan mengacu pada Permendag Nomor 24 Tahun 2019. Kegiatan dimulai sekitar pukul 09. 45 WIB bertempat di halaman Gedung Pelindo 1 Kuala Langsa. 

Walikota Langsa Usman Abdulah, dalam sambutannya menyampaikan ucapan apresiasi yang setinggi-tingginya dan terima kasih kepada Presiden RI dan Bapak Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN RI Sofyan A. Djalil, serta Deputi Bidang Koordinasi SDA dan Jasa Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Agung Kuswandoni, yang telah memberikan izin atas peresmian Pelabuhan Kuala Langsa. Walikota mengatakan izin pelabuhan ini telah lama ditunggu kehadirannnya oleh seluruh elemen masyarakat Kota Langsa. 

Walikota menyebutkan, kedepan yang mesti dipikirkan dan dilakukan ialah bagaimana mengelola pelabuhan agar dapat berkembang dan maju sehingga kehadirannya benar-benar dirasakan oleh masyarakat di Aceh umumnya, khususnya Kota Langsa. Walikota berharap agar semua elemen baik pemangku kepentingan dan jabatan agar dapat bersinergi dalam mengelola aset yang telah ada ini. “Tidak ada Kepala Daerah yang tidak ingin daerahnya maju. Dukungan dari stakeholder dan semua pihak sangat dibutuhkan, karena tanpa adanya dukungan tidak akan berjalan apa yang menjadi harapan dan keinginan kita bersama. diperlukan sosialisasi  kepada masyarakat dan pelaku usaha,” tegasnya. 

Lebih lanjut ia meneruskan, pelabuhan Kuala Langsa dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat dan juga memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat Kota Langsa, ini merupakan peluang emas yang harus dipertahankan dan juga bagi pelaku usaha informasikan kepada pelaku usaha lain bahwa peluang sudah ada dan manfaatkan dengan sebaik mungkin. Ia menghimbau kepada masyarakat untuk mendukung dan manjaga fasilitas yang telah ada dengan sebaik-baiknya, serta mengharapkan dapat mendorong masyarakat luar datang ke Pelabuhan Kuala Langsa. 

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN RI Sofyan A. Djalil dalam kata sambutannya mengucapkan selamat bagi masyarakat Kota Langsa. Beliau berharap Pelabuhan Kuala Langsa menjadi pelabuhan  alternatif bagi pelabuhan lain seperti Pelabuhan Belawan. 

rangkaian acara diawali dengan tarian daerah dan juga pemotongan pita yang dilakukan oleh Menteri Sofyan A. Djalil. Tampak hadir, Anggota DPR-RI Firmandez, Deputi Bidang Koordinasi SDA dan Jasa Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Agung Kuswandono, Karo Hukum Setda Aceh Amrizal J. Prang, segenap Unsur Forkopimda Kota Langsa. 

Selanjutnya, Bupati Aceh Tamiang Mursil, Sh., M.Kn., Bupati Bener Meriah, Sekda Aceh Tengah, Asisten Pemerintahan Setdakab Aceh Timur, Kadis Perindagkop Kota Sabang, Asisten 1 Setdakab Aceh Selatan, Kadis Perindakop Kota Lhokseumawe, Danlanal 4 Lhokseumawe, para alim ulama, tokoh masyarakat dan cendekiawan Kota Langsa serta tamu undangan lainnya. [toh/zuw]