Banda Aceh – Humas: Aceh Tamiang meraih Juara Umum dalam ajang Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi dan berdedikasi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Aceh. Acara anugerah apresiasi dilaksanakan pada Senin (29/04/19) sekira pukul 20.00 WIB di Banda Aceh.

Raihan prestasi yang luar biasa ini diperoleh para guru dan tenaga kependidikan Aceh Tamiang dari berbagai jenjang, mulai dari tingkat Guru Sekolah Dasar, Kepala Sekolah, hingga jabatan Fungsional Pengawas Sekolah.

Dimulai dari tingkat pendidikan dasar, Juara 3 Guru SD Berprestasi diraih oleh Samsul Bahri, S.Pd.I., dan Juara 3 Guru SD Bededikasi diraih Mutia Wati, S.Pd.SD. Sementara Juara 3 Tenaga Kependidikan Berprestasi dianugerahkan kepada Suparna, S.Pd., seorang pejabat fungsional Pengawas SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tamiang.

Pada tingkat pendidikan dasar menengah, pada kategori Kepala SMP Berprestasi, Drs. Bambang Supriyanto, MM. memperoleh posisi kedua. Kurnia Rahmianum, S.Pd., M.Pd., meraih gelar tertinggi, menjadi Juara 1 kategori Guru SMP Berprestasi. Keduanya berasal dari sekolah yang sama, SMP Negeri 4 Percontohan Karang Baru.

Di tingkat SMA, Guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 2 Percontohan Karang Baru, Idham,S.Pd.I. memperoleh Juara Kedua kategori Guru Berprestasi. Sementara Muhammad, S.Pd. yang sehari-hari bertugas di SMA Negeri 3 Kejuruan Muda menjadi Juara Kedua Kepala Sekolah Berprestasi. Muhammad Ridwan, S.Pd. memperoleh Juara 3 Anugerah Konstitusi bagi Guru PPKn. Di kelas SMA, Aceh Tamiang memperoleh tambahan apresiasi, yaitu Dra. Yuniar, M.Hum. sebagai Juara 1 Pengawas SMA Berprestasi, dan Juara Kedua Kepala Tenaga Administrasi Berprestasi yang didapatkan oleh Malahayati, SE.

Selanjutnya, Roro Sri Hariyani, S.Pd., M.Si., Kepala SMK Negeri 3 Karang Baru menjadi yang terbaik di kelasnya. Ia didapuk sebagai Juara 1 Kepala SMK Berprestasi. SMK bidang pariwisata ini kembali mengharumkan nama Aceh Tamiang dengan menjadi Juara Pertama Anugerah Konstitusi bagi Guru PPKn yang diraih oleh Karyati, S.Pd. Kemudian, pada kategori Guru SMA/SMK Berdedikasi/Daerah Khusus, Guru SMA Negeri 1 Sekerak Ernawati, S.Pd. memperoleh Juara Harapan II.

Kamaliah, S.Pd. menggenapkan perolehan anugerah prestasi para guru yang mengabdi di Aceh Tamiang. Ia meraih posisi terbaik, Juara Pertama pada kategori Lomba Kreativitas Pembelajaran Guru SMALB/SMKLB se Aceh. Kamaliah sehari-harinya berdinas di SMALB Negeri Pembina Aceh Tamiang, mendidik anak-anak istimewa yang bersekolah di sana.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tamiang M. Nur, yang turut hadir dalam acara penganugerahan guru berprestasi/berdedikasi kemarin tampak haru dan gembira dengan capaian-capaian yang diperoleh para pahlawan pendidikan di Aceh Tamiang. menurutnya capaian ini luar biasa. Ia sangat mengapresiasi kerja-kerja guru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa di Bumi Muda Sedia. [zuw]