Wakil Bupati sekaligus Ketua Umum LPTQ Aceh Tamiang Tengku Insyafuddin, ST. serius mendengarkan penyampaian pendapat pada sesi diskusi Rapat Persiapan MTQ , Rabu (03/07/19). [dok. Humas 2019] 

 

Aceh Tamiang – Humas: Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang menargetkan raihan posisi 5 (lima) besar pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Aceh ke 34. Hal ini ditegaskan Wakil Bupati Tengku Insyafuddin, ST., dalam Rapat Persiapan MTQ Aceh yang diselenggarakan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Aceh Tamiang, Rabu (03/07/19) di Ruang Rapat Wakil Bupati Aceh Tamiang. 

Meski menarget posisi lima besar, dalam rapat yang dilaksanakan sekira pukul 14.30 WIB tadi, Wakil Bupati yang juga Ketua Umum LPTQ Aceh Tamiang meminta kepada semua pengurus LPTQ untuk kembali meluruskan niat –yakni menegakkan Syi’ar Islam dan membumikan Al-Quran– dimulai sejak masa persiapan ini sampai dengan seterusnya. Sementara, perolehan posisi nantinya hanya bonus sebagai hasil niat dan usaha yang dilakukan.

Rapat persiapan MTQ dipandu oleh Kepala Dinas Syariat Islam Syamsul Rizal. Dalam rapat, dibicarakan tiga butir penting jelang keberangkatan, yakni Pertama, Pemusatan latihan tahap kedua. Kemudian, Kedua, Penyusunan naskah SK Kafilah MTQ Aceh Tamiang, dan Ketiga, Rencana keberangkatan serta hal-hal lain yang dianggap perlu. 

Syamsul Rizal menerangkan, pemusatan latihan tahap kedua akan dilaksanakan selama 10 (sepuluh) hari dimulai pada akhir Juli sampai dengan awal Agustus 2019. Lokasi pemusatan latihan akan digelar di Hotel Morielisa Karang Baru. Akan ada dua sesi yakni sesi latihan bersama pelatih lokal dan sesi latihan bersama pelatih provinsi. Porsi khusus pemusatan latihan pada cabang Hifzhil Quran untuk mengintensifkan pelatihan di Klinik Al-Quran Dinas Syariat Islam. 

Sementara, pada Penyusunan naskah SK Kafilah MTQ dan rencana keberangkatan membicarakan hal-hal yang sangat teknis namun masih dinamis menyesuaikan dengan keadaan faktual nantinya.

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Aceh ke 34 akan digelar di Kabupaten Pidie pada 20 September s.d. 30 September 2019. Aceh Tamiang akan mengirimkan Kafilah MTQ untuk mengikuti 7 (tujuh) cabang yang diperlombakan. Tujuh cabang lomba dalam MTQ tersebut sebagai berikut: 1) Tilawah Al-Quran; 2) Hafizh Al-Quran; 3) Tafsir Al-Quran; 4) Fahmil Quran; 5) Syarhil Quran; 6) Khatil Quran; dan 7) Musabaqah Makalah Alimiyah Quran. [zuw]