Seorang pengurus Dekranasda memperlihatkan ketupat kemuli, jajanan khas Aceh Tamiang pada promosi jajanan khas daerah yang tengah mereka gencarkan. (dok. Humas 2019)

 

Aceh Tamiang – Humas: Setiap daerah di Aceh tentunya memiliki jenis makanan khasnya masing-masing. Ragam makanan tersebut sering disajikan pada acara tertentu, dipamerkan serta diperjualbelikan. Aceh Tamiang, termasuk satu Kabupaten yang memiliki banyak ragam kuliner atau makanan tradisional, baik berbahan ikan, buah-buahan, tanaman serta bahan lainnya.

Namun, seiring waktu, ragam kuliner yang merupakan kekayaan lokalita daerah ini cenderung semakin tidak dikenal, terutama oleh generasi muda. Dengan maksud mengangkat dan memperkenalkan kembali kekayaan ragam kuliner yang melimpah di Bumi Muda Sedia, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh Tamiang melakukan promosi ragam kuliner khas Aceh Tamiang dengan menjual berbagai produk jajanan khas Aceh Tamiang, mulai Senin (01/07/19) kemarin di Sekretariat Dekranas Daerah Aceh Tamiang - Komplek Perkantoran Pemkab Aceh Tamiang.

Dijelaskan, bahwa sasaran promosi tahap awal memang masih terbatas. Sasaran promosi terdekat adalah SKPK di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang. Namun, tetap membuka akses seluasnya kepada khalayak umum. Pada promosi yang dilakukan, Dekranasda menjual jajanan tersebut dengan harga terjangkau. Promosi ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memasarkan hasil makanan yang diproduksi oleh industri rumah tangga di Aceh Tamiang.

Beberapa jenis makanan khas Aceh Tamiang yang dipasarkan adalah ketupat kemuli, timpan, kue kering, marke, keripik stik, serta manisan pelbagai buah. Ketupat Kemuli misalnya, pada promosi dijual hanya seharga Rp. 10ribu/porsi. Manisan aneka buah dihargai Rp. 20ribu/porsi, dan timpan hanya Rp. 5.ribu/porsi.

Dengan adanya promosi pemasaran ini, Dekranasda berusaha memfasilitasi pengrajin untuk menjual hasil produksinya, sekaligus melakukan pembinaan agar pengrajin lebih termotivasi dalam memproduksi makanan khas Aceh Tamiang.

Bila ingin menikmati jajanan khas Bumi Muda Sedia, Sekretariat Dekranasda Aceh Tamiang melayani pembeli mulai pukul 09.00 WIB s.d. 13.00 WIB. [ck/zuw]