Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, M.Kn, bersama Tim Pemerintah Kabupaten dan Direktur Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, Ir. Elvin Hasman, MP, beserta jajaran, berpose bersama usai beraudiensi dan melakukan pembahasan bersama pengajuan usulan Program Studi Di luar Kampus Utama (PSDKU), Rabu (15/1/2020) di Payahkumbuh - Sumatera Barat. [dok. Humas 2020]

 

Payakumbuh – Humas: Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, M.Kn, bersama Tim Pemerintah Kabupaten melakukan kunjungan kerja ke Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, Sumatera Barat, guna membangun kerjasama pengajuan usulan Program Studi Di luar Kampus Utama (PSDKU). Bupati dan Rombongan disambut langsung oleh Direktur Politeknik, Ir. Elvin Hasman, MP, beserta jajaran, Rabu (15/01/19) sekira pukul 9.30 WIB.

Pada Pertemuan ini, pokok bahasan penting yang disampaikan Bupati Mursil kepada Elvin Hasman ialah keinginan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang untuk memiliki Politeknik Pertanian Aceh Tamiang. Hal ini, ujarnya, untuk melahirkan sumberdaya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

“Kami selaku Kepala Daerah, ingin Kabupaten Aceh Tamiang memiliki kampus, Perguruan Tinggi Negeri yang Berbadan Hukum (PTNBH). Dengan itu, Aceh Tamiang bisa melahirkan sumberdaya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, yang menjadi cikal bakal pembangunan,” terang Bupati.

Mimpi besar tersebut disadari oleh Bupati Mursil harus melewati proses panjang. Ia menjelaskan langkah awalnya bermula dengan mengajukan usulan Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU), menggantikan Program Pendidikan Diluar Domisili (PDD) Akademi Komunitas. Ditambahkannya, sebelumnya Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang juga telah menjalankan kerjasama serupa dengan PTN ternama tanah air.

Bupati Mursil turut menegaskan Kesiapannya membangun PSDKU. Ia berjanji memberikan semua fasilitas, baik sarana maupun prasarana yang dibutuhkan demi terwujudnya mimpi Aceh Tamiang yakni memiliki Politeknik Mandiri.

“Masyarakat telah menunggu, untuk pembangunan dan kemajuan kampus Politeknik Aceh Tamiang,” ungkap Mursil kepada Elvin Hasman.

Direktur Politeknik, Elvin Hasman, pada kesempatan tersebut mengungkapkan pihaknya bersama tim akan memfasilitasi kelahiran kampus yang menjadi impian Kabupaten Aceh Tamiang. Ditegaskannya, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh siap menjalin kerjasama tersebut, terlebih dukungan Pemerintah Kabupaten telah dijanjikan langsung oleh Bupati.

Ada pun program studi yang akan diusulkan yakni, Teknologi Pangan, Peternakan, dan Agribisnis. Hadirnya ketiga prodi ini diharapkan Bupati mampu memberikan solusi mengurangi pengangguran dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas sumberdaya para pemuda Aceh Tamiang.

Usai acara sambutan dan perkenalan dari kedua belah pihak, acara dilanjutkan dengan paparan mekanisme pelaksanaan PSDKU oleh Kabid Kerjasama Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, Krisna Mukti, dan Wakil Koordinator Pengelola PDD AKN Aceh Tamiang, M. Yani. [des]