KUALASIMPANG – Pelajar tingkat SD dan SMP di Aceh Tamiang mengikuti program Dinul Islam yang mulai dilangsungkan Senin (9/4/2021) hingga 6 Mei mendatang.

Kegiatan ini dilakukan di masing-masing sekolah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, yakni membatasi jumlah murid dan mewajibkan seluruh siswa dan guru memakai masker.

“Jumlah pelajar kita batasi dengan cara membagi dua kelompok, kelompok pertama pada minggu pertama, kelompok berikutnya pada minggu kedua,” kata Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tamiang, Zulfiqar, Senin (19/4/2021).

Zulfiqar menjelaskan program Dinul Islam merupakan kebijakan Disdikbud Aceh Tamiang dengan didasari kalender pendidikan Pemerintah Aceh.

Program ini sekaligus untuk mengisi waktu luang pelajar di masa pandemi Covid-19 yang berdampak belum normalnya aktivitas belajar di sekolah.

“Harapan kita program ini bisa meningkatkan dan memantapkan pemahaman dan pengamalan ajaran Islam bagi seluruh pelajar di Aceh Tamiang,” ujarnya.

Dia menerangkan penyelenggaraan Dinul Islam ini diisi dengan materi keislaman tentang keimanan, ketaqwaan, ibadah, ahlak dan mencintai Alquran.

Untuk meninkatkan kompetensi belajar, masing-masing siswa mengawali kegiatan Dinul Islam dengan shalat duha, membaca Alquran dan dilanjutkan dengan praktik diniyah yang meliputi praktik wudhu, shalat wajib, shalat jenazah, ceramah dan kegiatan keislaman lainnya.

Kabid Dikdas Disdikbud Aceh Tamiang Bambang Supriyanto menambahkan penyelenggaraan hari pertama berlangsung lancar dengan angka kehadiran pelajar tinggi.

Hal ini disampaikannya usai meninjau langsung beberapa sekolah yang menjalankan program Dinul Islam.
“Antusias pelajar tinggi, ini terbukti dengan angka kehadiran tinggi.,” ujarnya.

Dia menjelaskan untuk tingkat SD program ini dimulai pukul 08.30 WIB hingga 11.00 WIB, sedangkan SMP berlangsung lebih lama, yakni 08.30 – 11.30 WIB.



Sumber : https://aceh.tribunnews.com/2021/04/19/pelajar-di-aceh-tamiang-ikuti-dinul-islam.
Penulis: Rahmad Wiguna
Editor: Taufik Hidayat