Aceh Tamiang : Vaksin Covid-19 jenis Sinovac telah tiba di Aceh Tamiang pada malam tadi sekira pukul 23.30 Wib pada Senin (01/02/21). Hal ini dibenarkan oleh Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Dr. Hardekky.

“Malam tadi sudah kita terima sebanyak 2131 vaksin, 2131 jarum suntik Auto Disable Syringe 9ADS), 43 safety box, 100 buah APD, dan 2131 Alkohol Swab 1,2 box. Dan kita simpan di Dinas Kesehatan di ruang khusus tempat penyimpanan vaksin,” terang Hardekky saat dikonfirmasi oleh Tim Informasi Humas.

Hardekky juga mengungkapkan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Aceh Tamiang akan dilaksanakan dalam empat tahapan. Namun, sambungnya tahap awal ini akan dilakukan untuk tenaga SDM Kesehatan dan tahapan selanjutnya akan diikuti oleh pejabat publik, tokoh masyarakat dan tahapan akhir untuk masyarakat Aceh Tamiang.

Informasi yang diperoleh Tim Humas, Vaksin yang akan disuntikkan kepada SDM Kesehatan, sesuai dengan jumlah Vaksin yang diterima oleh Dinas Kesehatan. Ia menjelaskan, satu orang akan mendapatkan dua kali suntikan Vaksin Sinovac, dengan ketentuan suntikan kedua diberikan setelah 14 hari dari penyuntikan pertama.

“Jadi untuk tahap pertama ini, sebanyak 2131 vaksin diperkirakan akan diberikan kepada SDM Kesehatan sebanyak 1065 orang, karena setiap penerima vaksin akan mendapat dua kali suntikan vaksin,” jelas Hardekky.


Pendistribusian Logistik Vaksin Covid-19 dan Non Vaksin, serentak dilakukan Pemerintah Aceh melalui Dinas Kesehatan Aceh. Tidak hanya Kabupaten Aceh Tamiang yang menerima Vaksin Covid-19 jenis Sinovac, seluruh wilayah Kabupaten/Kota dalam Provinsi Aceh juga menerima vaksin tersebut.

Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Juru Bicara Pemerintah Agusliayana Devita, S. STP, M. Si kembali menghimbau agar masyarakat jangan takut divaksin. Mari sukseskan Indonesia bebas Covid-19 dengan ikut serta dalam pelaksanaan vaksin Covid-19.