Aceh Tamiang : Puncak Peringatan Anniversary Forum Anak Tamiang ke -8 digelar pada Hari Sabtu (20/02/21). Bertempat di aula SKB Aceh Tamiang pada pukul 10.00 wib, acara tersebut mengangkat tema "Sosok Harapan Anak Lentera Hidup Bangsa" dihadiri langsung oleh Ketua TP-PKK Aceh Tamiang DR. Rita Syntia,ST,MM.

Kemeriahan tampak pada acara tersebut, tamu yang berhadirpun, banyak dari berbagai organisasi yang berperan aktif dalam pengembangan pendidikan dan tumbuh kembang anak, baik dari Aceh Tamiang maupun luar Kabupaten. Sebagai tanda penghormatan selamat datang kepada para tamu, Forum Anak Tamiang mempersembahkan sebuah tarian melodi melayu Sekapur Sirih.

Selain persembahan tarian khas Aceh Tamiang, sebagai bentuk penyambutan, Ibu Bupati Aceh Tamiang Dr. Rita Syntia, ST, MM yang juga menjabat sebagai Ketua TP-PKK dan Bunda Paud Kabupaten menyambut para tamu dari berbagai organisasi dengan ucapan selamat datang. Kemudian, Ia pun melanjutkannya dengan bercerita mengenai Forum Anak Tamiang (FAT) , sebagai organisasi induk dari komunitas anak yang ada di Aceh Tamiang.

"Ada begitu banyak program dari Pemerintah melalui instansi yang ada, termasuk juga PKK dan Bunda Paud yang juga memiliki program untuk tumbuh kembang anak. Dan salah satu program nasional yang kita miliki saat ini ialah menciptakan generasi emas pada tahun 2045," terangnya.

Ibu Rita melanjutkan, untuk menciptakan generasi emas tersebut, tentu bukan perkara yang mudah, perlu dukungan dari semua pihak. Ia pun menghimbau, baik Pemerintah, Orangtua dan juga berbagai elemen masyarakat, sejak dini saling bersinergi mewujudkan target Nasional tersebut.

Selain itu pula, Ibu Rita juga menekankan pada pentingnya pembentukan karakter anak pada usia dini.

"Dari berbagai buku dan literasi yang telah Saya baca, 89% pendidikan akhlak yang baik, yang diberikan oleh orangtua dan sekitarnya akan berpengaruh dalam mewujudkan generasi baik dan sukses. Oleh karena itu mari kita bersinergi dalam mewujudkan generasi emas untuk indonesia kedepannya," serunya dengan penuh suka cita.

Sementara itu, dalam laporan Ketua Panitia Fadillah Amnasri usai mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut. Ia menjelaskan bahwa FAT saat ini telah menginjak usia 8 tahun yang mana bukanlah usia yang cukup tua dan bukan usia yang terlalu muda untuk sebuah organisasi.

"Saya kira momen 8 tahun FAT ini bisa kita jadikan momentum untuk FAT lebih berkiprah dalam pengembangan pendidikan dan tumbuh kembang anak khususnya di Aceh Tamiang," tuturnya.

Dalam pada itu, Ia juga menaruh harapan yang besar kepada instansi dan organisasi yang ada di Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang serta komunitas-komunitas yang berperan dalam mendukung tumbuh kembang dan pendidikan anak, agar dapat bekerjasama dalam membangun anak-anak di Aceh Tamiang.

Usai serangkaian sambutan, acara di lanjutkan dengan Deklarasi Suara Anak Aceh Tamiang sekaligus pemotongan tumpeng oleh ketua TP PKK Aceh Tamiang sebagai wujud rasa syukur Hari Jadi FAT ke-8.

Sebelum mengakhiri rangkaian seremonial, penyampaian sambutan dari Perwakilan Forum Anak Tanah Rencong ( FATAR) Banda Aceh oleh dr. Lolandra. Dengan penuh kegembiraan ia mengucapkan selamat hari jadi FAT ke 8. Ia berharap dengan bertambahnya usianya FAT bisa makin maju dan mampu berkontribusi bagi anak-anak di Aceh Tamiang.

"Saya secara pribadi juga mengharapkan Kepada Pemerintah Daerah untuk mendukung sepenuhnya dalam membesarkan FAT ini sehingga menjadi suatu forum yang benar-benar bisa dirasakan manfaatnya bagi anak-anak yang ada di Aceh Tamiang," ujarnya sebelum mengakhiri.

Anniversarry FAT dimeriahkan juga dengan penampilan tarian dari FAT dan juga penampilan dari MC cilik.

selain FAT, hadir juga Forum Anak Kota Langsa, Forum Anak Aceh Utara, Forum Anak Tanah Rencong, Ikatan Mahasiswa Aceh Tamiang (Aceh Utara), Sekolah Inspirasi, FAGJA dan banyak lagi komunitas lainnya.