Aceh Tamiang: Jum’at (04/06/21) Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, Drs. Asra bersama Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Ari Lasta Irawan, S.I.K. dan Dandim 0117/Atam, Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita melakukan tinjauan langsung di sejumlah titik pelaksanaan Vaksinasi Massal Pelayanan Publik, Lansia, Masyarakat lainnya di Wilayah Kabupaten Aceh Tamiang.

Turut mendampingi dalam rombongan tinjauan Direktur RSUD Aceh Tamiang, dr. Andika Putra Sa, Sp. PD, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tamiang, Ibnu Azis, SKM, Kepala BPBD Aceh Tamiang, Syahri, SP dan Kabag Humas Setdakab Aceh Tamiang, Agusliayana Devita, S.STP, M.Si.

Pelaksanaan vaksinasi massal ini akan berlangsung dari tanggal 3 - 7 Juni 2021 di 15 (limas belas) Puskesmas dalam Wilayah Kabupaten Aceh Tamiang.

Kantor Camat Karang Baru menjadi Titik lokasi pertama tinjauan. Kedatangan tim disambut langsung oleh Camat Karang Baru, Iman Suhery, S.STP, MSP dan unsur Forkopimcam Karang Baru.

Iman Suhery mengatakan bahwa Kecamatan Karang Baru merupakan salah satu kecamatan dengan antusias tinggi masyarakat akan pelaksanaan vaksinasi ini.

“Kecamatan kami memiliki 31 kampung, Alhamdulillah luar biasanya seluruh Datok Penghulu dan unsur Forkopimcam saling bantu memfasilitasi masyarakat yang akan melakukan suntik vaksin, bahkan ada datok penghulu yang memfasilitasi warga disabilitasnya (tidak punya kaki) untuk pergi divaksin” ungkap Iman.

Beliau juga menuturkan Kecamatan Karang Baru menargetkan 200 orang untuk di vaksin dihari kedua ini.

Pelaksanaan vaksinasi massal dihari kedua ini juga turut diikuti sejumlah para tenaga pendidik.

Usai melihat langsung pelaksanaan Vaksinasi, rombongan bertolak ke Puskesmas Bendahara dan Puskesmas Rantau.

Dandim 0117/Aceh Tamiang menuturkan TNI dan Polri tanpa henti terus menghimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protkes dan melakukan vaksin. Ini sebagai bentuk upaya-upaya yang sedang dilakukan pemerintah dalam menanggulangi penyebaran Covid-19, dengan mengikuti anjuran untuk mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan memakai sabun, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

“Saya dan Kapolres telah melakukan vaksin dan tidak merasakan hal yang aneh di dalam tubuh. Masyarakat jangan takut, Vaksinasi ini aman dan juga meningkatkan rasa percaya diri. Jikalau pun kita terpapar maka tidak akan terlalu parah”.

Kabag Humas Setdakab Aceh Tamiang selaku Juru Bicara Satgas Covid, Agusliayana Devita, S.STP, M.Si mengungkapkan pelaksanaan vaksinasi massal ini menargetkan sebanyak 900 orang perharinya.

“Dari 15 Puskesmas, kita menargetkan masing-masing Puskesmas untuk melakukan vaksinasi minimal sebanyak 60 orang perharinya, dengan harapan vaksin ini bisa meminimalisir dampak yang ditimbulkan dari virus Covid-19 terhadap tubuh pasien” tuturnya.

Dalam menarik minat masyarakat dan sebagai bentuk apresiasi, unsur Forkopimda telah menyiapkan berbagai macam Doorprise untuk dibagikan kepada masyarakat yang telah melaksanakan Vaksinasi.

Berdasarkan hasil dari tinjauan langsung ini, tingkat kesadaran masyarakat akan virus ini sudah mulai mengalami peningkatan. Besar harapan semoga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan pelaksanaan vaksinasi ini wabah Covid-19 segera hilang dan kehidupan masyarakat Aceh Tamiang kembali normal.