Aceh Tamiang: Wakil Bupati sekaligus Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin, ST mengikuti acara Pembukaan Jambore Kwartir Daerah Aceh Tahun 2021 di Kota Langsa. Kegiatan yang berlangsung mulai kemarin hingga sepekan kedepan ini dipusatkan di Bumi Perkemahan/Ruang Terbuka Hijau Hutan Kota, Sabtu kemarin (25/09/21), Langsa.

Pembukaan Jambore tahun 2021 dilaksanakan sesuai protokol kesehatan pandemi. Informasi yang dihimpun oleh Tim Humas Aceh Tamiang, sebanyak 786 orang yang terdiri peserta, panitia dan kontingen ikut dalam kegiatan ini.

"Sebenarnya, peserta keseluruhan Jambore Daerah berjumlah 1600 orang, namun karena Pandemi, situasi dikondisikan sesuai arahan dari Tim Satgas Covid-19 Kota Langsa" , begitu ungkap Djufri Effendi melaporkan.

Djufri selaku Ketua Panitia dalam keterangan juga menyampaikan Jamda tahun ini para peserta diwajibkan menggunakan aplikasi “Hi-Camp” yang diciptakan dan digunakan sebagai penunjuk arah. Namun yang terpenting kegiatan ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan, karena panitia memerintahkan kepada Ketua Kwarcab seluruh Aceh untuk melakukan vaksin pada kontingen serta pemeriksaan dengan hasil negatif Covid-19.

Pembukaan Jambore yang dihadiri oleh Wabup Insyafuddin juga merupakan bagian dari Peringatan Hari Pramuka ke 60. Jambore yang digelar diharapkan dapat menjadi bekal dan pembelajaran bagi peserta supaya dapat di implementasikan di daerah masing-masing pada saat kembali nantinya.

Pada kesempatan yang sama, Pimpinan Kontingen Aceh Tamiang, Mardiana Sari kepada tim Humas kemarin menyebutkan, sebanyak 23 orang mengikuti Jambore kali ini. Rinciannya adalah 7 orang bertindak sebagai ofisial, serta masing-masing 8 peserta putra dan putri.

Beberapa kegiatan yang akan diikuti oleh para peserta ialah; keterampilan, seperti melempar pisau, memanah dan fotografi; eduwisata; kegiatan beregu, diantaranya pertunjukan seni dan perburuan jejak; serta petualangan.

Pada kegiatan ini, turut dilakukan Penandatanganan MoU antara Kwartir Daerah Gerakan Pramuka dengan BPJS Ketenagakerjaan dan IAIN Cot Kala Langsa.