Demikian ditegaskan Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, M.Kn, saat membuka Pertemuan Koordinasi Survei Seismik 3D Pulau Panjang-Sungai Buluh Komplek, (Rabu 6/10/21), di aula Setdakab setempat. Pertemuan yang diinisiasi oleh PT. Pertamina EP bertujuan untuk mensosialisasikan rencana kegiatan survei seismik yang akan mereka kerjakan beberapa waktu mendatang.

Bupati Mursil yang didampingi Sekda Asra menyebutkan Pemkab mendukung penuh rencana survei yang akan dikerjakan nantinya. Ia berharap, survei nantinya akan menemukan cadangan migas baru yang memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat ujung timur Aceh ini.

“Kami bersama Forkopimda mendukung penuh kegiatan ini. Saya berdoa, semoga di Aceh Tamiang ditemukan cadangan migas baru yang jadi Arun kedua bagi Aceh,” sebutnya yang diamini para hadirin.

Guna memperlancar kegiatan, Bupati Mursil meminta para Camat dan aparatur keamanan mengawal langsung sembari memastikan survei seismik berjalan lancar tanpa hambatan berarti. Bupati bahkan menggaransi keamanan dan kenyamanan pelaksanaannya.

“Terhadap kegiatan ini, saya menjamin 100% keamanan dan kenyamanannya. Tidak boleh ada gangguan bagi para investor dalam membangun Aceh Tamiang,” ujarnya meyakinkan yang disambut aplaus para peserta.

Sementara itu, Bayu Eko Suseno, Kabag Humas Elnusa yang menjadi pemateri sosialisasi menerangkan, di Aceh Tamiang, kegiatan survei seismik akan mencakup 11 Kampung pada Kecamatan Rantau dan 7 kampung di Kecamatan Seruway.

Lebih lanjut Bayu juga mengungkapkan, bahwa kegiatan serupa juga akan dilakukan di tingkat Kecamatan dan Kampung guna membahas kompensasi yang akan diberikan, bagi lahan masyarakat yang tercakup dalam areal survei.

“Nanti kepada masyarakat akan kami sosialisasikan tahap kegiatan ini, sekaligus membahas besaran kompensasi yang akan diterima oleh masyarakat sesuai ketentuan yang dikeluarkan Pemkab Aceh Tamiang. Misalnya, terkait tanaman tumbuh masyarakat bahkan biaya perbaikan bangunan masyarakat”, jelasnya.

Penamaan proyek ini berdasarkan ditemukannya jalur cadangan migas pada suervei awal di Pulau Panjang-Sungai Buluh, Langkat - Sumatera Utara, yang membentang hingga ke Kecamatan Seruway yang kemudian membentuk suatu komplek dalam satuan kegiatan geologis.

Pertemuan ini tampak diikuti Ketua DPRK Suprianto, unsur Forkopimda, sejumlah Kepala SKPK, Manager Exploration Planing dan Regional 1 Pertamina EP, Camat Rantau, Oki Kurnia, Camat Kecamatan Seruway, M. Hans Marta Kesuma, dan Kepala BPN Aceh Tamiang, Ramli.

Diakhir acara, sebagai bentuk komitmen PT. Pertamina EP dan dukungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, dilakukan penandatanganan Berita Acara Survei Seismik 3D Pulau Panjang-Sungai Buluh Komplek.