Aceh Tamiang : Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH, M.Kn, membuka Focus Group Discussion (FGD) pembentukan Klaster UMKM Unggulan melalui pendekatan Local Economic Development (LED) untuk kelompok Tenun "Puteri Lindung Bulan" Kabupaten Aceh Tamiang, Selasa (15/2) kemarin.

Bertempat di aula Setdakab, Bupati Mursil mengucapkan terima kasih kepada Kepala Perwakilan BI Cabang Lhokseumawe, Gunawan, dan tim BI yang ikut andil dalam pembentukan usaha ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal tersebut.

Disampaikan Bupati Mursil, usaha ekonomi kreatif tenun songket memerlukan perhatian banyak pihak agar bisa bangkit dan berkembang. Karenanya ia berharap FGD yang digelar kemarin dapat memberikan banyak masukan berharga, terutama strategi pembangunan usaha supaya mampu bertahan di era kekinian.

“Dalam kesempatan ini saya harapkan banyak masukan berharga, sehingga program ini bisa sukses dan kedepannya dapat berkembang dengan baik,” ujarnya.

Sementara sebelumnya, Kepala Perwakilan BI Cabang Lhokseumawe Gunawan memberikan pemaparan terkait Klaster Industri kelompok Tenun.

"Industri kreatif, di dalamnya termasuk kegiatan kerajinan tangan serta kreativitas masyarakat dalam menciptakan suatu unit produk dengan tujuan menyejahterakan kelompok masyarakat tersebut," jelasnya.

Tenun songket sendiri, dirinya katakan, merupakan salah satu produk yang memiliki potensi besar. Tenun songket sudah memiliki ciri khas tersendiri bagi penggemarnya sehingga memiliki nilai jual yang baik dan juga target pasar yang sudah terbentuk.

Hadir dalam kegiatan pembukaan, Wabup Insyafuddin, Sekda Asra, Unsur Forkopimda, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, sejumlah Kepala SKPK, Ketua Dekranasda, Ketua BKMT, Ketua DWP Aceh Tamiang, pimpinan Bank Aceh, BSI, kelompok Tenun, dan tamu undangan lainnya.[]