Aceh Tamiang: Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, MKN, membuka secara resmi acara pelatihan Dasar-dasar Kewirausahaan dalam kegiatan DEA (Digital Entrepreneurship Academy) bagi pelaku UMKM (Usaha Micro, Kecil dan Menengah) di Karang Baru – Grand Arya Hotel (20/06/22).

Sebanyak 100 orang yang telah dinyatakan lulus melalui pendaftaran online dengan Website: https://digitalent.kominfo.go.id pada program kegiatan DEA 101 Kab. Aceh Tamiang dari tanggal 20 sampai dengan 21 Juni di Grand Arya Hotel – Karang Baru. Kegiatan tersebut dilaksanakan atas kerjasama sama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia melalui BBPSDMP (Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian) menggunakan DIPA Kementerian Kominfo Tahun Anggaran 2022 ini.

Dalam sambutan dan laporannya Kepala BBPSDMP Drs. Irbar Samekto, M.Si selaku penanggungjawab pelaksanaan kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat dilaksanakan atas kerjasama yang baik dari Pemerintah Kabupaten Aceh dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika dan Persandian serta Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Aceh Tamiang dalam memberikan informasi kepada para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang, sehingga pada kegiatan Perdana di Kabupaten Aceh Tamiang dapat direkrut sebanyak 100 Orang.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Bupati Aceh Tamiang yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk dapat melaksanakan kegiatan DEA 101 Kab. Aceh Tamiang ini, melalui Dinas Kominfo dan Persandian serta Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Aceh Tamiang, ini adalah wujud nyata kepedulian Pemerintah dalam membantu para pelaku UMKM agar dapat melaksanakan kegiatan bisnisnya melalui jalur online sebagaimana perkembangan dunia saat ini di era globalisasi yang semuanya menggunakan digitalisasi” Ungkap Drs. Irbar Samekto, M.Si

Ditambahkannya, kegiatan ini dibiayai langsung oleh DIPA Kementerian Kominfo Republik Indonesia Tahun Anggaran 2022, jadi kepada peserta selain diberikan materi selama 2 (dua) hari dan sertfikat pelatihan, juga diberikan konsumsi makan siang, makanan dan minuman ringan dan uang saku.

Lebih lanjut, dia mengharapkan agar semua peserta dapat mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan baik, sehingga ilmu yang didapat nantinya dapat dikembangkan dan bermanfaat bagi para peserta dalam menjalankan bisnis UMKM secara digital. Sekaligus memohon kepada Bupati Aceh Tamiang untuk dapat membuka acara ini secara resmi.

Dalam sambutannya, Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, MKN menyampaikan ucapan terima kasih yang sangat mendalam kepada BBPSDMP – Medan yang telah memfasilitasi kegiatan pelatihan bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Aceh Tamiang.

“Saya selaku Bupati Aceh Tamiang mengucapkan selamat datang dan terima kasih yang sangat mendalam kepada Bapak dan Ibu dari BBPSMP – Medan, atas berkenannya melaksanakan pelatihan bagi pelaku usaha UMKM di Kabupaten Aceh Tamiang, ini sungguh satu kehormatan bagi kami dan anugerah yang sangat besar” Ungkap Mursil

Mursil, selanjutnya berpesan kepada para peserta hendaknya dapat mengikuti acara dengan sebaik-baiknya dari awal hingga akhir, seraplah ilmu yang diberikan oleh para narasumber sehingga dapat dipraktekkan dalam memajukan usaha UMKM kita di Kabupaten Aceh Tamiang di masa sekarang dan masa yang akan datang. Terlebih lagi sekarang ini hampir keseluruhan pembelanjaan sudah menggunakan jejaring sosial atau media sosial. Inilah saatnya UMKM Aceh Tamiang bangkit dan berperan aktif dalam perdagangan lokal dan internasional melalui jasa digitalisasi.

Sebelum membuka secara resmi Bupati Mursil kembali menyampaikan ucapan terima kasih yang sangat mendalam kepada BBPSDMP – Medan, dan terharu atas dilaksanakannya kegiatan DEA 101 Kab. Aceh Tamiang ini.

“Saya sangat terharu atas acara pada hari ini, semoga saja ini menjadi kebaikan bagi kita semua, mohon maaf saya tidak bisa menemani bapak/ibu sampai akhir acara, karena masih banyak agenda kegiatan Pemda yang harus saya hadiri”. Ungkap Mursil dengan nada parau dan mata berkaca-kaca menahan tangis keharuannya.

Tampak hadir dalam acara pembukaan tersebut, Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, MKN, Penanggungjawab Pelaksanaan Kegiatan DEA-101 Kab. Aceh Tamiang, Drs. Irbar Samekto, M.Si, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Aceh Tamiang, Ibnu Azis, Kepala Bidang Teknologi Informatika, Persandian dan E-Goverment mewakili Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Aceh Tamiang, para Narasumber dari BBPSDMP – Medan, peserta selaku pelaku UMKM dalam Kabupaten Aceh Tamiang.

Back to top
Just a moment...

pastebin.com

Checking if the site connection is secure

pastebin.com needs to review the security of your connection before proceeding.