Aceh Tamiang: Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH, M.Kn mengucapkan Selamat Hari Anak Nasional Tahun 2022 saat menghadiri peringatan Hari Anak Nasional yang diselenggarakan di Halaman Belakang Kantor Bupati Aceh Tamiang, pada Selasa (16/08/22).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Mursil mengatakan peringatan ini sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa agar bisa tumbuh serta berkembang secara optimal.

“Setiap anak punya cita-cita dan impian masa depannya sendiri. Anak-anak juga memiliki dunia bermain dengan keceriaan mereka masing-masing", ucapnya.

Pada momen ini, Mursil meyinggung kasus perundungan (bullying) dan segala bentuk kekerasan terhadap anak-anak. Ia menginginkan ini jangan terjadi lagi.

“Saya berharap penyiksaan fisik, kekerasan secara verbal, kekerasan fisik jangan terjadi lagi. Ini tanggung jawab orangtua, tanggung jawab para pendidik, tanggung jawab sekolah, tanggung jawab masyarakat, dan tanggung jawab kita semuanya,” sambungnya.

Terakhir, Bupati Mursil berharap kiranya kegiatan ini menjadi momen penting untuk terus memastikan anak-anak Indonesia tetap terlindungi, terpenuhi hak-haknya, bergembira, tumbuh sebagai manusia yang berjiwa merdeka, dan menjadi bagian dari kemajuan. Semua kasus kekerasan, baik kekerasan fisik maupun seksual harus diproses secara hukum dengan tegas sesuai dengan peraturan yang ada sehingga kasus tersebut tidak akan terjadi lagi ke depannya.

Sementara itu, pada sambutan Ketua PAUD Aceh Tamiang Dr. Rita Syntia, ST, MM, mengatakan, anak PAUD adalah generasi emas. Harapannya anak PAUD bisa bersaing di dunia internasional dengan layanan PAUD HI.

“Dengan beberapa perlombaan yang hari ini akan kita selenggarakan semoga dapat meningkatkan semangat anak-anak dan meningkatkan kreatifitas anak,” ujarnya.

Sebelumnya, dalam laporan Ketua Panitia Pelaksana Rita Damayanti menjelaskan, pelaksanaan Peringatan HAN ini disertai dengan berbagai lomba anak tingkat TK dan SD kelas 1 dan 2.

Adapun lomba yang dimaksud, dijelaskannya yakni lomba tata cara bacaan sholat tingkat TK adn SD, hapalan ayat pendek tingkat TK dan SD, hapalan do’a sehari-hari tingkat SD dan implementasi layanan PAUD HI.

Hadir dalam kegiatan tersebut unsur Forkopimda Aceh Tamiang, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati di Lingkungan Setdakab Aceh Tamiang, Para Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, Ketua Ketua Persit KCK Kodim 0117 Aceh Tamiang, Ketua Cabang Bhayangkari Polres Aceh Tamiang, Ketua Adhyaksa Darma Karini, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Aceh Tamiang, Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tamiang, Ketua BKMT Aceh Tamiang, Ketua TP-PKK Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tamiang beserta segenap anggota, Ketua GOPTKI, IGTKI, Himpaudi Kabupaten Aceh Tamiang, Insan Pers, Para Undangan yang hadir.[Ar]