Aceh Tamiang: Sambut Tahun Baru Islam 1445 H, Panitia Peringatan Hari Besar Islam Kecamatan Kota Kualasimpang menggelar Pawai Ta'aruf dan Lomba Sepeda Hias, Sabtu (22/7/23).

Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Bola Kaki Kota Kualasimpang, dihadiri oleh Camat setempat, Azhari, SE mewakili Pj. Bupati Aceh Tamiang.

Dalam sambutannya, sebelum melepas para peserta pawai, Azhari menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu momentum untuk meningkatkan dan memupuk kualitas ukhuwah Islamiyah dan silaturrahmi antar sesama umat di Bumi Muda Sedia khususnya di Kecamatan Kota Kualasimpang.

“Semangat tahun Baru Islam harus menjalar ke seluruh sanubari warga di Bumi Muda Sedia ini terutama di Kecamatan Kota Kualasimpang ini. Karena di sinilah wujud keikhlasan dan muhasabah diri umat Islam dalam menjalani seluruh perintah Allah SWT dan menjauhi semua laranganNya,” ucap Azhari.

Pada kesempatan ini, Azhari mengajak seluruh umat muslim untuk dapat memaknai Tahun Baru Islam sebagai langkah awal berhijrah menjadi lebih baik serta dapat memperkuat rasa persatuan dan persaudaraan.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat. Sebab ini adalah salah satu cara kita untuk membumikan budaya Islam ke masyarakat dalam merayakan kedatangan Tahun Baru Islam, khususnya kepada anak-anak dan remaja yang menjadi peserta pawai ini,” ucapnya lagi.

Azhari berpesan kepada para peserta kiranya dapat berhati -hati dan mematuhi rambu lalu lintas agar kegiatan dapat berjalan dengan sukses dan lancar.

Pelepasan pawai ta’aruf dan sepeda hias Tahun Baru Islam 1445 H tersebut ditandai dengan pengibaran bendera start oleh Camat Kota Kualasimpang Azhari beserta unsur Forkopimcam.

Pantauan di lapangan, kegiatan tersebut mendapat apresiasi dan antusias masyarakat yang begitu besar. Terlihat masyarakat tumpah ruah di setiap badan dan sudut jalan untuk menyaksikan kemeriahan dan semarak pawai tersebut.

Pawai dimulai dari Lapangan Bola Kaki Kota Kualasimpang sebagai titik kumpul, kemudian para peserta pawai berjalan mengitari Kota Kualasimpang diiringi dengan marching band dengan lagu bernuansa religi.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh penjuru sekolah di seputar Kota Kualasimpang yang berasal dari berbagai jenjang seperti TPQ, SD, MIN, SMP, SMIP, SMA dan MAN serta Remaja Masjid Kota Kualasimpang.