Aceh Tamiang – Humas: Rabu (10/04/19) Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Aceh Tamiang ke-17 yang jatuh pada tanggal 10 April 2019. Tidak hanya menggelar upacara seremonial saja, namun kegiatan ini juga dimeriahkan dengan Expo Aceh Tamiang tadi malam dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Tengku Insyafuddin, ST., pada Rabu malam pada pukul 21.00 WIB.

Acara diawali dengan menyaksikan penampilan Grup Musik Melayu Tamiangcoustic. Kemudian dilanjutkan dengan laporan Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang Basyaruddin, SH., selaku Ketua Panitia Pelaksana. Beliau menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan sehingga Expo ini dapat terlaksana. Kegiatan ini diramaikan dengan pameran berbagai jenis potensi daerah baik kerajinan tangan, Industri, perdagangan, pertanian, pariwisata dan budaya.

Basyaruddin juga menyampaikan jumlah peserta expo sebanyak 60 anjungan yang terdiri dari SKPK, Forkopimda, BUMN, BUMD, perusahaan swasta dan instansi vertikal serta UMKM. “Tujuan dari Pameran Expo Aceh Tamiang Tahun 2019 ini adalah sebagai media publikasi, promosi, pendidikan, rekreasi serta ekspresi berbagai potensi, seni budaya dan prestasi Masyarakat Aceh Tamiang,” terang beliau.

Setelah laporan Ketua Panitia Pelaksana, acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba videografis yang diselenggarakan oleh Dinas Kominfo & Persandian. Kepala Dinas Kominfo & Persandian Amiruddin Y membacakan, Juara 1 dimenangkan oleh Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kampung Suka Mulia Kecamatan Rantau, Juara 2 KIM Kampung Babo Kecamatan Bandar Pusaka, Juara 3 KIM Kampung Gedung Biara Kecamatan Seruway, Juara 4 KIM Kampung Purwodadi Kecamatan Kejuruan Muda, dan Juara 5 diperoleh KIM Kampung Johar Kecamatan Karang Baru.

Selanjutnya arahan Wakil Bupati sekaligus membuka Aceh Tamiang Expo. Beliau mengharapkan kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik, dan berjalan lancar sebagaimana yang direncanakan. “Pada perayaan 17 tahun Aceh Tamiang ini, Pemerintah Daerah menyelenggarakan berbagai agenda dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat, di mana pelaksanaannya telah dimulai sejak tanggal 07 April 2019 hingga nanti 14 April 2019, dengan tujuan agar masyarakat Aceh Tamiang turut merasakan rasa syukur serta kebahagian atas usia 17 Tahun Aceh Tamiang,” terangnya.

Beliau menjelaskan, salah satu kegiatan yang akan digelar adalah Pameran Expo Aceh Tamiang Tahun 2019, yakni sebuah ajang promosi potensi daerah baik kerajinan tangan, industri dan usaha mikro kecil dan menengah, perdagangan, pertanian, pariwisata, budaya dan layanan Pemerintah yang tergambar di masing-masing anjungan nantinya. sehingga masyarakat dapat melihat secara langsung gambaran program kerja dan kegiatan-kegiatan yang selama ini telah dilaksanakan oleh Organisasi Perangkat daerah (OPD) dalam wilayah Kabupaten Aceh Tamiang.

“Harapan kami kiranya melalui serangkaian kegiatan perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Aceh Tamiang ke-17 ini, dapat menjadi momentum dan semangat bagi kita semua untuk bersama-sama mewujudkan Aceh Tamiang membangun, mandiri dan islami,” harap beliau.

Setelah membuka Expo, Wabup meninjau beberapa anjungan yang mengikuti expo, di antaranya anjungan Dinas Kominfo & Persandian, anjungan Setdakab, Polres, Kodim, dan anjungan BNN.

Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Tribun Belakang Kantor Bupati Dihadiri Wakil Bupati Aceh Tamiang beserta Unsur Forkopimda dan Forkopimda Plus Kabupaten Aceh Tamiang, Sekretaris Daerah, Ketua TP-PKK Aceh Tamiang, Ketua Bhayangkari Aceh Tamiang, Ketua Persit Kodim 0117/Aceh Tamiang, para Kepala Organisasi Perangkat Kerja Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, pimpinan dan perwakilan instansi vertikal, Kelompok Informasi Masyarakat, pelaku seni dan para tamu undangan lainnya. [ck]