Aceh Tamiang – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (DISKOMINFOSAN) Kabupaten Aceh Tamiang Bastian, S.Kom menjadi salah satu pemateri dalam kegiatan pelatihan Government Transformation Academy (GTA) dengan judul materi “Peran SDM Digital Dalam Mendukung Implementasi SPBE Di Pemerintahan Daerah” yang diadakan di aula DISKOMINFOSAN Aceh Tamiang, Rabu (1/11/2023).

 

Yang menjadi moderator pada kegiatan ini yaitu Wan Dedi Wahyudi, SE, MM selaku Kepala Bidang Teknologi Informatika DISKOMINFOSAN Aceh Tamiang. Dedy mempersilahkan Bastian selaku pemateri dalam kegiatan ini. Dalam penyampaiannya Bastian menjelaskan tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dimana penyelenggaranya merupakan pemerintah yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE yang bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Implementasi tata kelola dan manajemen SPBE yang efektif dan efisien, layanan terpadu dan infrastruktur SPBE yang terintegrasi diperlukan peran penting SDM Digital.

 

“SDM Digital adalah individu dengan pemahaman mendalam tentang teknologi informasi dan komunikasi (TIK). SDM Digital dapat memanfaatkan TIK untuk mengelola dan meningkatkan layanan pemerintahan.” Ujar Bastian 

 

Terakhir, Bastian mengatakan SDM Digital merupakan tulang punggung dalam suksesnya implementasi SPBE di Pemerintahan Daerah. SDM Digital memiliki dampak positif yang signifikan dalam transformasi digital pemerintahan, dengan segala kemampuannya. Oleh karena itu, investasi dalam pengembangan SDM Digital sangat penting dalam rangka mencapai tujuan SPBE. (Dvn)