Aceh Tamiang : Senin (30/10/23), Pemkab mendukung berkembangnya komunitas hobi dan kreasi yang ada di Aceh Tamiang. Demikian disampaikan Pj. Bupati, Dr. Drs. Meurah Budiman, SH, MH, saat berdiskusi bersama sejumlah komunitas di tenda anjungan pameran hobi dan kreasi yang dihelat saat peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 95 tahun 2023, Sabtu (28/10) lalu, di halaman Tamiang Sport Center, Karang Baru.

“Kami selaku pimpinan daerah sangat mengapresiasi kehadiran para komunitas hobi dan kreasi di Bumi Muda Sedia. Mari kita berkolaborasi membangun Aceh Tamiang yang lebih baik,” ucap Meurah membuka kata.

Disebutkan Meurah, dirinya sangat menyambut baik diskusi yang digelar. Bahkan ia meminta supaya dinas terkait dapat menjadwalkan diskusi secara rutin per semester atau per catur wulan untuk mendengarkan masukan bagi keberlanjutan pembangunan daerah.

“Terus terang kami sangat gembira hari ini bisa bertemu dengan sesama pelaku pembangunan daerah. Kami menyambut positif setiap saran dan bahkan kritikan yang ditujukan kepada kami. Sebab pada prinsipnya, kami menerima segala hal yang disampaikan sebagai bahan evaluasi kinerja pemkab secara keseluruhan,” tutur Meurah lugas.

Menyangkut kinerja selama menjabat Pj. Bupati, Meurah menjelaskan dirinya fokus pada kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.

“Dalam pada ini termasuk menjaga ritme penyelenggaraan pemerintahan. Kami melakukan evaluasi kinerja pejabat, yang tak lain untuk memastikan mereka tetap on the track. Jadi kalau pun nanti ada rotasi yang kami lakukan, itu langkah biasa, untuk penyegaran organisasi supaya tetap sesuai dengan target kinerja Pemkab Aceh Tamiang” tukasnya lagi.

Diterangkan Meurah, sejumlah langkah konkret yang ditempuhnya sudah mulai menunjukkan hasil yang signifikan. “Di antaranya, peningkatan alokasi DAK T.A. 2024 yang insyaallah naik hingga 100 persen, angka inflasi yang terkendali, stunting yang konsisten melandai turun, dan sejumlah capaian lainnya,” kata Meurah meneruskan.

Menyahuti sejumlah masukan yang disampaikan oleh para peserta diskusi, Pj. Bupati Meurah mengungkapkan pemkab akan berupaya seoptimal mungkin memberikan ruang dan dukungan bagi perkembangan hobi dan kreasi yang ada di Bumi Muda Sedia.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri, Joko Wibisono yang ikut mendampingi Pj. Bupati ikut menimpali. Ia meminta supaya para penggiat komunitas hobi dan kreasi terbiasa mandiri. “Jangan bergantung pada bantuan, itu baru keren!” ujarnya.

Dalam pada itu, Joko yang lama tinggal di Ibukota Jakarta ini mengaku sudah lama ikut aktif di sejumlah komunitas hobi dan kreasi.

“Saya suka bonsai, saya ikut di komunitasnya di sana. Saya penggemar burung kicau, saya gabung di komunitasnya. Sampai seni fotografi dan mural juga pernah saya jabanin,” akunya.

Para komunitas hobi dan kreasi di ibukota, lanjut Joko, sangat jarang meminta bantuan pemerintah. Mereka aktif mengembangan hobi dan kreasinya menjadi sumber penghasilan yang prospektif nan menjanjikan.

“Jadikan hobi dan kreasimu sebagai sumber pendapatan. Karena saya yakin, kalian adalah orang-orang kreatif dan cerdas. Pasti bisa,” timpalnya memotivasi yang disambut tepuk tangan para hadirin.

Di akhir sesi diskusi, Pj. Bupati Meurah dan unsur Forkopimda bersama menyaksikan bersama film dokumenter pendek yang berjudul “Masa Depan Kaloy”. Film produksi komunitas film Merakinoia ini masuk 10 besar nominasi Eagle Awards Metro TV beberapa tahun lalu.

Ikut hadir dalam kegiatan yang dipandu Kadisparpora, M. Farij, tersebut, Wakil Ketua DPRK, Fadlon bersama anggota DPRK, Irwan Efendi, Kajari, Joko Wibisono, unsur Forkopimda, sejumlah Kepala SKPK, perwakilan BUMN/BUMD/BUMS, komunitas film Merakinoia, Komunitas bonsai Tamiang, komunitas vespa, komunitas seni mural, komunitas papan seluncur (skateboard), KNPI, FKPPI, serta sejumlah komunitas hobi dan kreasi lainnya.