Aceh Tamiang : Mewakili Pj. Bupati Aceh Tamiang, Asisten Administrasi Umum, Drs. Tri Kurnia, membuka kegiatan Government Transformation Academy (GTA) dalam rangka pengembangan SDM Komunikasi dan Informatika. Bertempat di Aula Dinas Kominfo & Persandian, Komplek Perkantoran Pemkab, Rabu (1/11/23).

Tri Kurnia menjelaskan bahwa Government Transformation Academy (GTA) merupakan kesempatan istimewa yang diberikan oleh BBPSDM Kementerian Kominfo Medan kepada para ASN di Kabupaten Aceh Tamiang untuk lebih meningkatkan kompetensi mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Pada tahun 2022, Kabupaten Aceh Tamiang menduduki peringkat ke-3 (tiga) terbaik se-Aceh untuk nilai SPBE. Maka mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk lebih meningkatkan nilai SPBE Kabupaten kita di tahun-tahun berikutnya,” pungkasnya.

“Harapan kami kiranya para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan seksama, agar materi yang diberikan oleh narasumber nantinya dapat menambah pengetahuan dan wawasan saudara untuk membangun Kabupaten Aceh Tamiang yang lebih baik lagi,” lanjutnya.

Sebelumnya, Mewakili Kepala Balai BBPSDMP Medan, Kepala Bagian Umum Yuslizar, menjelaskan bahwa GTA ini sudah berjalan sekitar 2 atau 3 tahun, di mana GTA ini memberikan kesempatan kepada para ASN untuk meningkatkan kemampuan di bidang digitalisasi.

“GTA ini merupakan program pengembangan SDM yang bertujuan meningkatkan kompetensi ASN, TNI dan Polri untuk mendukung akselerasi transformasi digital di K/L/D, TNI dan Polri. Skema pelatihan dirancang bagi tingkat intermediate skill dan advance skill yang menyasar kepada para pengambil keputusan,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa dalam program ini merumuskan 4 program strategis, salah satunya menciptakan pemerintahan digital, masyarakat digital termasuk ASN serta meningkatkan masyarakat e-ekonomi digital.

“Oleh karenanya, untuk mendukung program ini selain sistem berbasis elektronik yang dikembangkan, SDM nya harus juga harus dilatih. Sistem pembelajaran GTA ini akan dilaksanakan selama 4 hari mulai 1 hingga 4 November 2023. Tentunya kami berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan ini sampai selesai,” ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan, Kepala Dinas Kominfo & Persandian, Bastian, Plh. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Sepriyanto, Kepala BKPSDM, M. Mahyaruddin, para instruktur BPSDM Kominfo, para peserta pelatihan serta tamu undangan lainnya.