Aceh Tamiang : Pj. Bupati Aceh Tamiang, Dr. Drs. Meurah Budiman, SH., MH,, melakukan panen Cabai Caplak bersama Kelompok Tani Tunas Muda di Kampung Tanjung Seumantoh, Kec. Karang Baru, Rabu, (15/11/23)
Pj. Bupati Aceh Tamiang, Meurah Budiman mengapresiasi para kelompok tani yang telah berinisiatif mengelola lahan tersebut. Menurutnya, melalui penanaman cabai dapat mencegah inflasi terlebih menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.
“Menjelang Natal dan Tahun Baru ini, diprediksi akan terjadi kenaikan konsumsi bahan pangan salah satunya cabai. Karena itu, panen cabai yang dilakukan ini dalam upaya menjaga inflasi”, ucap Meurah.
Ketua Kelompok Tani Tunas Muda, Joko Irawan menjelaskan panen cabai yang dilakukan Pj. Bupati kali ini, berjumlah 2.000 batang dengan taksiran hasil 150 kilogram per sekali panen.
“Demi menjaga ketahanan pangan dan ketersediaan stok cabai di Aceh Tamiang, lahan ini kami pinjam pakai untuk ditanami cabai”, ucap Joko Irawan.
Sebelumnya, sebut Joko lahan tersebut merupakan lahan kosong yang belum dikelola oleh Pemerintah Daerah. Joko juga menjelaskan selama proses penanaman, para kelompok tani terus mendapatkan pendampingan dan pembinaan dari Penyuluh Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Aceh Tamiang.
“Selain cabai caplak, Kelompok Tani Tunas Muda juga membudidayakan Pepaya dan Cabai merah sebagai varietas unggulan dalam program ketahanan pangan guna mengendalikan inflasi”, pungkasnya.
Dihari yang sama, Pj. Bupati Meurah juga melalukan gerakan menanam dan memanen padi dan jagung. Berbagai kegiatan ini sebagai bentuk kegiatan ketahanan pangan dan penguatan ekonomi serta penganekaragaman bahan pangan.