Aceh Tamiang: Persiapan jelang pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 terus dilakukan. Jumat (9/2/24) hari ini, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang menggelar Apel Siaga Satlinmas Pengamanan Langsung dan Pengamanan Tak Langsung Pemilu Serentak 2024, di lapangan upacara Kantor Bupati setempat.

Bertindak sebagai Inspektur Apel, Pj. Bupati Aceh Tamiang, Drs. Asra, dalam amanatnya menyebutkan Satlinmas punya tugas vital dalam pemilu, yakni garda terdepan pengamanan pemilu di TPS bersama TNI dan Polri.

“Pemilu adalah saat di mana suara rakyat menjadi bermakna. Tugas kita adalah memastikan bahwa setiap warga negara, khususnya masyarakat Kabupaten Aceh Tamiang, dapat menyalurkan hak pilihnya dengan aman, damai, dan bebas dari segala bentuk intimidasi,” sebut Pj. Bupati Asra.

Dalam pada itu, Pj. Bupati Asra menekankan, sebagai petugas pengamanan Pemilu, Satlinmas diminta tetap menjaga netralitas dan profesionalismenya, serta menghindari keterlibatan dalam praktik politik praktis dalam Pemilu ini.

“Kami berharap kiranya para petugas memiliki jiwa netralitas dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas, sebab netralitas adalah kunci utama dalam menjalankan tugas pengamanan pemilu,” tegasnya.

“Karena saudara adalah pilar keamanan yang harus dikenal sebagai pihak yang netral, tanpa adanya kecenderungan atau preferensi politik tertentu,” tambah Pj. Bupati Asra lugas.

Di akhir amanatnya, Pj. Bupati Asra meminta seluruh anggota Satlinmas yang bertugas mampu membangun komunikasi dan hubungan yang baik dengan seluruh unsur penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024.

Pj. Bupati Aceh Tamiang, Drs. Asra, berpose bersama Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Muhammad Yanis dan Kapolres Langsa, AKBP Andy Rahmansyah, setelah menandatangani Berita Acara Serah Terima Satlinmas. 

 

Dikatakan, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang  melibatkan 1.826 orang personil Satlinmas sebagai pengamanan langsung, dan 150 orang personil pengamanan tak langsung Satlinmas yang tersebar di 913 TPS dan 1 TPS Khusus dalam Kabupaten Aceh Tamiang.

Diterangkan, dalam Pemilu Serentak 2024 yang akan berlangsung pada 14 Februari pekan depan, Satlinmas memiliki tugas pokok membantu penanganan ketentraman, ketertiban, dan keamanan penyelenggaraan pemilu.

Pelaksanaan Apel Siaga Satlinmas didahului dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Satlinmas dari Pemkab Aceh Tamiang kepada Polres Aceh Tamiang dan Polres Langsa, yang ditandatangani oleh Pj. Bupati Asra bersama Kapolres Aceh Tamiang AKBP M. Yanis dan Kapolres Langsa, AKBP Andy Rahmansyah. Selama pelaksanaan pemilu nantinya, para petugas Satlinmas akan dikoordinir oleh pihak kepolisian setempat.

Tampak hadir dalam pelaksanaan Apel siaga tadi, unsur Forkopimda, Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesra, Muslizar, Kasatpol PP dan WH, Oki Kurnia, Kaban Kesbangpol, Agusliayana Devita, Kadisdukcapil, Adi Dharma, para Camat bersama unsur Forkopimcam se-Kabupaten Aceh Tamiang, serta tamu undangan lainnya.