Aceh Tamiang - Humas: Sabtu (09/04/19) Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH, M.Kn bersilaturahmi dan meresmikan Balai Adat Kampung Pantai Cempa Kecamatan Bandar Pusaka. Acara yang diselenggarakan di halaman Masjid Kampung Cempa Kecamatan Bandar Pusaka sekira pukul 14.30 WIB.

Kedatangan Bupati beserta rombongan di Kampung yang dihuni oleh Perkauman Gayo tersebut disambut dengan persembahan, tarian selamat datang bagi para tamu yang menginjakkan kakinya ke Kampung itu.


Bupati dalam arahannya mengajak segenap hadirin mengucapkan syukur kepada Allah yang telah memberikan rahmat hujan kepada masyarakat Aceh Tamiang sehingga tanaman-tanaman dapat tumbuh subur. Pada kesempatan yang sama. beliau menyampaikan apresiasi kepada LSM Forum Konservasi Leuser (FKL) yang telah membantu pembangunan balai adat tersebut.

Bupati berharap keberadaan Balai Adat Kampung yang baru itu, dapat menjadi wadah bermufakat serta pengembangan budaya lokal. "Manfaatkanlah balai adat ini untuk bermusyawarah dan melestarikan adat istiadat serta budaya yang ada di Kampung Pantai Cempa ini." pesan Bupati.

Sebelumnya, Camat Bandar Pusaka M. Hans Martha Kesuma, mengatakan hari ini merupakan kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat Pantai Cempa karena dapat dkunjungi dan bertatap muka langsung dengan Bupati Aceh Tamiang. Hans yang pada sambutannya membahas pemanfaatan hutan menyebutkan, apabila masyarakat ingin memanfaatkan hutan kiranya dapat melaporkan kepada Datok Penghulu dan pihak Kecamatan.

Hans menjelaskan selaku camat ia sangat mendukung pertanian untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Namun, ia menegaskan hal tersebut hendaknya tetap memperhatikan kelestarian hutan sebagai kekayaan dan warisan bagi anak cucu nanti.

Tampak hadir pada acara tersebut Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang Nora Idah Nita, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Safuan, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sayed Mahdi, para perwakilan OPD terkait lainnya, unsur Forkopimcam Bandar Pusaka, Ketua LSM Forum Konservasi Leuser, Kepala Mukim Alur Jambu, para insan pers dan para tamu undangan lainnya. [ck]