Aceh Tamiang - Humas: Jum'at (05/04/19) Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tamiang Rita Syntia, ST, MM., melakukan Kunjungan Kerja dan Pembinaan pada siswa-siswi SD Negeri 1 Bukit Tempurung untuk meningkatkan kesadaran perilaku hidup bersih dan sehat. Pada kali ini, pembinaan pada cara mencuci tangan dengan teknik 6 Langkah Cuci Tangan Pakai Sabun. Kegiatan ini dilaksanakan sekira pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh Kepala Puskesmas Kuala Simpang, Pengawas Sekolah SD Negeri 1 Bukit Tempurung, serta Komite sekolah SD N 1 Bukit Tempurung.

Dalam sambutannya Rita selaku Ketua TP-PKK Aceh Tamiang menyampaikan cuci tangan pakai sabun merupakan perilaku hidup bersih dan sehat yang telah terbukti secara ilmiah dapat mencegah penyakit menular seperti diare, infeksi saluran pernafasan atas dan flu burung.

Namun, terangnya, kesadaran perilaku cuci tangan pakai sabun masih belum disadari pada anak usia 10 tahun kebawah. Sehingga anak pada usia tersebut sangat rentan terhadap penyakit. Oleh karena itu, Rita menyebutkan TP-PKK Aceh Tamiang akan ikut andil dalam memberikan kesadaran pentingnya perilaku cuci tangan pakai sabun diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Rita juga mengatakan, pengetahuan anak sekolah tentang cara mencuci tangan yang baik dapat diberikan juga melalui pendidikan kesehatan dari guru maupun orang sekitar yang mengetahui tentang pentingnya kesehatan. "Sehingga mereka menyadari bahwa mencuci tangan yang baik adalah salah satu langkah untuk menuju hidup yang sehat. Untuk itu, Kebiasaan mencuci tangan harus diajarkan sejak dini, sehingga anak sudah terbiasa hidup bersih. Mengingat mencuci tangan mempunyai berbagai manfaat salah satunya adalah mencegah masuknya kuman ke dalam tubuh." sebutnya.

"TP-PKK Aceh Tamiang akan menjadi pendorong bagi guru dan orangtua dalam pendidikan kesehatan bagi anak," pungkasnya. [ck]