Aceh Tamiang – Humas: Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kabupaten Aceh Tamiang ke 17 tahun 2019, Festival Lomba Tari Kreasi Budaya Tamiang, menjadi salah satu lomba yang dipertandingkan, dilaksanakan di lapangan Tribun, Jumat (12/4/42019) malam yang dimulai sekira pukul 20.00 WIB.

Pada lomba tari ini diikuti Sembilan Kecamatan yang terdiri dari para pelajar setingkat SMP dan SMA yang tergabung dalam satu sanggar mewakili kecamatan masing-masing. peserta berasal dari Kecamatan Kota Kualasimpang, Kejuruan Muda, Tamiang Hulu, Bandar Pusaka, Tenggulun, Karang Baru, Bendahara, Banda Mulia, dan Kecamatan Seruway.

Dalam perlombaan tersebut, Juara 1 diraih sanggar Kecamatan Kejuruan Muda dengan nilai 1.057, Juara 2 Kecamatan Karang Baru, nilai 1055, Juara 3 Kecamatan Bendahara nilai 1052. Sedangkan Juara Harapan 1 Kecamatan Tamiang Hulu dengan nilai 1000, Juara Harapan 2 Kecamatan Bandar Pusaka, nilai 980 dan Juara Harapan 3 Kecamatan Banda Mulia dengan perolehan nilai 950.

Sekretaris Panitia HUT 17 Aceh Tamiang Kabag Kesra, Nur Asmah menjelaskan, lomba tari kreasi yang diadakan selain untuk memeriahkan HUT ke 17 Aceh Tamiang, juga untuk mengangkat budaya yang ada di daerah dan menggali potensi anak-anak dalam mengembangkan kemampuannya di bidang seni tari. 

Nur Asmah, berharap, lomba tari ini dapat terus dilaksanakan terutama pada peringatan hari besar, baik nasional maupun daerah. “Kita harapkan dengan dilaksanakannya lomba tari ini bisa menciptakan kreatifitas anak sekaligus melestarikan budaya daerah pada anak-anak sebagai generasi penerus,” ujar Asmah sembari mengatakan di tahun berikutnya akan lebih banyak lagi kegiatan yang akan diperlombakan. 

Menurut Nur Asmah, meski hasil pemenang lomba telah diumumkan dari hasil yang dilakukan para dewan juri, bagi pemenang akan diberikan hadiah pada malam penutupan Expo HUT Aceh Tamiang ke 17, yakni pada Minggu (14/04/2019) malam nanti. “kita akan lakukan pembagian hadiah lomba di semua kegiatan pada minggu, pukul 20.30 malam,” tandasnya.

Turut hadir menyaksikan Ibu Bupati Aceh Tamiang Rita Syntia, ST., MM., bersama anggota PKK Aceh Tamiang, para Camat dan Ketua TP-PKK Kecamatan. [ind]