Aceh Tamiang – Humas: Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH, M.Kn, menyambut kedatangan Tim Epedeskel (Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan) Lomba Kampung Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2019. Ucapan selamat datang disampaikan Mursil saat menerima tim di Kampung Kotalintang Kecamatan Kota Kualasimpang, pada Sabtu (20/04/19). 

Bupati tampak antusias menyambut tim penilai yang diketuai oleh Drs. M. Irfan, M.Si. Dalam sambutannya, Bupati Mursil menyampaikan bahwa usaha pembangunan kampung itu yang terpenting adalah pembangunan karakter manusianya, salah satunya dengan rajin beribadah. “Ketika karakter manusianya sudah bagus maka pembangunan dari segala aspek yang ada akan mengikuti kearah kemajuan kampung,” ujarnya lugas. 

Sementara itu M. Irfan selaku Ketua Tim Penilai menjelaskan, mekanisme perlombaan penilaian kampung ini meliputi aspek pemerintahan, aspek kewilayahan, dan aspek kemasyarakatan. Selain ketiga aspek tersebut tim penilai juga akan menilai potensi potensi kampung dengan menggunakan beberapa tahapan verifikasi dan wawancara. 

Irfan menjelaskan, kehadiran Tim Epedeskel juga bertujuan untuk mendorong usaha pembangunan yang dilaksanakan oleh masyarakat kampung, serta mengetahui kegiatan pembangunan yang dilaksanakan. Hal ini terutama dalam wujud peningkatan kualitas hidup, ekonomi,politik, sosial dan budaya serta keamanan dan ketertiban.

Sebelumnya Datok Penghulu Kotalintang Azmi Arifin menyampaikan, bahwa Kampung Kotalintang telah bekerja secara maksimal bersama seluruh elemen masyarakat. Azmi turut menjelaskan bahwa di Kampung Kotalintang selain mendapatkan kegiatan Dana Desa, ada program Kotaku dan program Sanimas. Azmi dalam kesempatan ini juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang untuk membangun Kantor Datok Penghulu. Hal ini dikatakannya untuk memudahkan dan mengoptmasi pelayanan pemerintah kepada masyarakat. 

Kampung Kotalintang berhasil masuk 10 besar Lomba Kampung tingkat Provinsi berdasarkan hasil seleksi administrasi yang sebelumnya telah dilakukan oleh Tim Epedeskel Aceh. Nantinya, hasil penilaian seleksi administrasi dan kunjungan tim ke Kampung tersebut akan diakumulasikan. Bagi kampung yang berhasil masuk 10 besar akan diberikan penghargaan berupa uang pembinaan sejumlah Rp. 25 juta, dan berpotensi mendapatkan tambahan uang pembinaan Rp. 100 juta bagi kampung yang memenangkan perlombaan. 

Dalam kegiatan tersebut hadir Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tamiang Dr. Rita Syntia, ST, MM, beserta TP-PKK Kecamatan Kota Kualasimpang, para Kepala SKPK, Camat Kota Kualasimpang Aulia Azhari dan unsur Forkopimcam, Kepala Mukim, para Datok Penghulu dalam Kecamatan Kota Kualasimpang, para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh perempuan. [Des]