Aceh Tamiang – Humas: Sabtu (27/04/19) Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Dinas Pangan, Kelautan dan Perikanan (DPKP) Kabupaten Aceh Tamiang dan bekerjasama dengan Grup Fishing Expert mengadakan lomba mancing yang berlangsung di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kampung Tanjung Keramat Kecamatan Banda Mulia. Perlombaan ini merupakan serangkaian acara dari Hari Ulanga Tahun (HUT) Kabupaten Aceh Tamiang yang ke 17 lalu.

Lomba tersebut diikuti oleh 28 tim dari Grup mancing yang ada di Aceh Tamiang, Kota Langsa dan Aceh Timur dengan masing-masing tim sebanyak 4 orang dengan 2 kelar juara yaitu kelas ikan berkelas dan kelas ikan ekonomi rendah.

Antusias masyarakat juga terlihat sangat besar, dapat terlihat dari banyaknya masyarakat yang datang menyaksikan perlombaan ini. Selain itu, lokasi perlombaan juga telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti pasar, dan MCK serta juga ada tempat anak-anak mandi dan bermain sehingga dapat menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pangan Kelautan dan Perikanan Aceh Tamiang Safuan, dan Camat Banda Mulia Muhammad Farij.

Saiful Alam selaku Ketua Panitia mengatakan dari dua kelas yang dilombakan, dalam katagori kelas ikan berkelas hasil tangkapanya berupa ikan Kerapu, Genahar, Kakak Merah dan kakap Putih, Rambe atau GT dan ikan senangin.Sedangkan untuk kelas lomba ikan ekonomis rendah hasil tanggakapannya adalah ikan jenis campuran,”papar Saiful.

Saiful juga menjelaskan, bagi tim peserta lomba pancing sebanyak 28 tim telah ditentukan titik lokasi pancing dengan ketentuan yang diberlakukan. “Titik awal lomba mulai pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB, sepanjang lomba berlangsung pengawasan dan pemantauan terus dilakukan,”katanya.

Saiful menegaskan, bagi peserta yang diketahui keluar jalur titik yang telah ditetapkan oleh panitia jika diketahui keluar jalur dan terbukti melakukan pelanggaran akan didiskualifikasi, termasuk peserta yang kedapatan ada membuang sampah juga didiskualifikasi.

Bagi peserta juga dibebaskan untuk menggunakan jenis dan jumlah pancing. Namun tidak dibenarkan menggunakan alat pancing seperti tawat dan juga peserta lomba diberikan sejumlah fasilitas, berupa perahu, termasuk alat pengaman,’sebut Saiful.

Adapun Tim yang berhasil keluar sebagai pemenang ada tim Pancing Sakti Rantau Aceh Tamiang berhasil keluar sebagai Juara Umum dan berhak membawa pulang tropi bergilir dari Kepala Dinas Pangan, Kelautan dan Perikanan (DPKP) Kabupaten Aceh Tamiang, sedangkan tim yang keluar sebagai Juara 1 untuk jenis ikan kelas Tim Bayeun Fishing Club, Juara 2. Pancing Sakti, Juara 3. tim Mancing Kece.

Sedangkan untuk jenis Ikan Non Kelas yang keluar sebagai pemenang menjadi Juara 1. tim Empat Sekawan Perkebunan Upah, berat tangkapan 8 Kg, juara 2 Tursia Fhising Tanjung Karang berat tangkapan 7.8 Kg, juara 3 Tim Gaplek Rantau berat tanggkapan 5 kg. [ind/ck]