Aceh Tamiang – Humas: Demi mewujudkan Kabupaten Aceh Tamiang yang lebih baik, bermartabat dan islami, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Dinas Syari’at Islam menggelar Pelaksanaan I’tikaf Ramadhan 1440 H pada Sabtu (25/05/19) bertepatan pada 20 Ramadhan. I’tikaf yang oleh sebagian orang merupakan salah satu amalan terbaik di bulan suci untuk menjemput ridha Allah dan bonus malam Lailatul Qadar ini, tidak disia-siakan oleh Wakil Bupati Tengku Insyafuddin, ST., beserta jajaran untuk mengikuti kegiatan tersebut di Masjid Babul Falah Bukit Tempurung Kecamatan Kota Kualasimpang, sekira pukul 22.30 WIB.

Saat pembukaan i’tikaf bersama masyarakat sekitar, Ketua Panitia Syamsul Rizal selaku kepala Dinas Syari’at Islam melaporkan kepada Wakil Bupati bahwa I’tikaf Ramadhan tahun ini terlaksana atas kerjasama dengan Ikatan Da’i Indonesia (Ikadi) Aceh Tamiang. Ia menyebutkan kegiatan dilaksanakan selama 9 (sembilan) hari dimulai sejak tanggal 25 Mei s.d. 03 Juni 2019. Kadis Syariat Islam kemudian memperkenalkan Syekh Ali Abdul Mu’thi Abdul Alim Sya’ban dari Mesir yang akan menjadi imam shalat selama kegiatan i’tikaf.

Syamsul menjelaskan agenda i’tikaf Ramadhan 1440 H, antara lain: Qiyamullail/tahajjud berjama’ah (8 rakaat dengan bacaan 1 juz Al-Qur’an setiap malam) dan kajian ba’da tarawih setiap malam. Selanjutnya, pada 21 s.d. 23 Ramadhan di isi dengan Daurah Al-Qur’an, 24 s.d. 26 Ramadhan di isi dengan Mukhayyam Al-Qur’an, pada 27 Ramadhan di isi dengan parade Tasmi’ Al-Qur’an 30 Juz oleh para hafidz dan hafidzah cilik Kabupaten Aceh Tamiang, dilanjutkan dengan zikir, do’a, tausiyah dan munajat Lailatul Qadar.

Menanggapi laporan tersebut, Wabup Insyafuddin mengucapkan terimakasih atas partisipasi dari segala pihak atas terselenggaranya kegiatan i’tikaf ini. Beliau mangatakan bahwa pelaksanaan i’tikaf ini, praktiknya sudah sangat jarang dilakukan oleh masyarakat dewasa ini. Wabup menyebutkan syi’arnya sudah hilang di tengah-tengah masyarakat, padahal banyak sekali fadhillah atau keutamaan beri’tikaf di 10 hari ramadhan.

“Masjid hari ini, makin berkurang shafnya, hanya beberapa masjid saja yang ramai shafnya. Alhamdulillah malam ini, jama’ahnya ramai dan semoga keberkahan akan dilimpahkan oleh Allah kepada kita,” tambahnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Basyaruddin, Asisten Administrasi Umum Adi Darma, Kepala Dinas Syari’at Islam Aceh Tamiang Syamsul Rizal, Kepala Badan Kesbangpol Rudiyanto, Camat Kota Kualasimpang Aulia Azhari beserta Forkopimcam, Datok Penghulu Ismail beserta perangkat kampung, dan para peserta i’tikaf yang terdiri dari masyaerakat dan perwakilan tiap SKPK. [des/zuw]