Aceh Tamiang - Humas: Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang hari ini, Sabtu (25/05/19) mengadakan ujian tulis pada Seleksi Terbuka Jabatan Tinggi Pratama (JPT). Ujian tulis merupakan satu bentuk seleksi dari tiga bagian uji potensi dan kompetensi yang dilakukan guna menghasilkan calon pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemkab Aceh Tamiang.

Dimulai sekira pukul 08.00 WIB, Sekretaris Daerah Basyaruddin, SH., selaku Ketua Panitia Seleksi Terbuka JPT berpesan kepada para peserta kiranya dapat mengikuti ujian dengan fokus, serius, dan besungguh-sungguh. Sekda menjamin bahwa pelaksanaan ujian ini bukan sekadar formalitas semata, tapi guna mengetahui betul sejauh mana potensi dan kompetensi calon pejabat yang akan mengisi formasi yang disediakan.

“Saya minta para peserta mengikuti dengan serius dan bersungguh-sungguh. Jangan berpikiran bahwa ini (formasi JPT-red) sudah ada pemiliknya, sehingga menyebabkan ketidakseriusan, sekadar ikut saja,” ungkapnya.

Sekda Basyaruddin menambahkan, bahwa nama-nama peserta yang memperoleh akumulasi nilai tiga besar nantinya akan diserahkan kepada Bupati, untuk menentukan mana yang terbaik dan dipilihnya untuk membantu mewujudkan Aceh Tamiang yang bermutu.

Sementara itu, Ketua Tim Asesor Seleksi Terbuka JPT Untung Pujiantoro menjelaskan, kompetensi yang akan digali akan menjadi faktor penentu. Ia berharap seleksi yang dilakukan dapat menyodorkan potensi-potensi yang unggul dan berkualitas. Lebih lanjut Untung mengatakan, ada tiga mata uji yang akan dilaksanakan secara estafet, dimulai hari ini tanggal 25 s.d. 28 Mei 2019 nanti. Mata uji meliputi psikometri, simulasi dan wawancara.

Sebelumnya, selama masa pendaftaran administratif, sebanyak 42 pendaftar mengajukan diri sebagai calon pejabat tinggi pratama dari 12 formasi yang disediakan. Hasil seleksi administrasi kemudian meluluskan 39 peserta, yang selanjutnya mengikuti ujian ke tahapan berikutnya.

Pada pembukaan dan pelaksanaan ujian tadi, tampak hadir Tim Asesor yang diketuai Untung Pujiantoro, perwakilan BKN, dan 39 peserta ujian seleksi terbuka JPT. [zuw]