Aceh Tamiang – Humas: Senin (13/05/19)  Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH, M.Kn. meresmikan Taman Tahfidz Balita Asuhan TP-PKK yang sekira pukul 10.00 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh Unsur Forkopimda Aceh Tamiang, Ketua TP-PKK Aceh Tamiang Dr. Rita Syntia Mursil, ST, MM., Ketua Darma Wanita Arnis Basyaruddin, SH., Ketua Persit Kartika Chandra Kodim 0117/Aceh Tamiang, Para Kepala Satuan Perangkat Kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, Para Camat dalam Kabupaten Aceh Tamiang, serta para orangtua wali murid Tahfidz Balita.

Diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala Syari’at Islam Syamsul Rizal. Ia menyebutkan, kegiatan pada Dinas Syari’at Islam untuk tahun 2019 menyangkut pembinaan Al-Qur’an ada 5 kegiatan salah satunya adalah Tahfidz Balita ini. Tahfidz Balita yang merupakan program TP-PKK ini berjalan dengan metode Tabaraq yaitu metode mendengar, karena anak-anak balita sendiri belum dapat membaca Al-Qur’an sehingga anak-anak hanya mampu mendengarkan bacaan dari guru-gurunya.

Sementara itu, lanjut Syamsul, para guru akan segera diberikan pelatihan, agar dapat membenarkan bacaan Al-Qur’annya sehingga anak-anak dapat menghapal dengan baik dan benar. Beliau berharap dengan metode Tabaraq ini anak-anak mampu menghapal Al-qur’an dalam waktu 1,5 tahun.

Pada kesempatan yang sama, Ketua TP-PKK Dr. Rita Syntia Mursil, ST, MM., mengatakan bahwa program Tahfidz Balita ini telah digalakkan oleh Bupati jauh-jauh hari, dan ini baru pertama kali ada di Kabupaten Aceh Tamiang.

“Alhamdulillah di hari pertama pembukaan pendaftaran, telah ada 25 murid yang mendaftar, dan disini terdapat 4 guru pengajar dan 2 orang pendamping untuk membimbing anak-anak. Ini seperti kursus dan tidak terikat seperti PAUD dan berada di bawah Dinas Syari’at Islam dan dikelola oleh TP-PKK Kabupaten Aceh Tamiang,” terang beliau.

“Karena masa balita ini adalah masa bermain sambil belajar dan belajar sambil bermain serta Tabaraq adalah sistem mendengar maka para guru harus lebih aktif sehingga anak-anak dapat melafalkan dengan baik dan benar,” lanjutnya.

Rita berharap Pemerintah Kabupaten dapat mendukung kegiatan ini dan memberikan kritik dan saran sehingga kedepannya Tahfidz Balita ini dapat menjadi lebih baik.

Menanggapi permintaan tersebut, Bupati Mursil beliau mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten sangat mengapresiasi dan menyambut baik program ini. Keberadaan Tahfidz Balita, sebutnya, merupakan bentuk pendidikan yang memiliki nilai-nilai Al-Qur’an agar anak-anak dapat mengenal, menghafal dan mengamalkan Al-Qur’an sehingga kedepannya kelak menjadi generasi yang jiwa dan perbuatannya mencerminkan nilai-nilai Al-Qur’an.

Perlu diketahui bersama, Tahfidz atau menghapal Al-Qur’an adalah suatu proses untuk memelihara, menjaga dan melestarikan kemurnian Al-Qur’an yang diturunkan kepada Rasulullah SAW, diluar kepala agar tidak terjadi perubahan dan pemalsuan serta dapat menjaga dari kelupaan baik secara keseluruhan ataupun sebagainya.

“Harapan kami, melalui peresmian Tahfidz Balita Asuhan TP-PKK Kabupaten Aceh Tamiang ini, dapat membina dan membentuk karakter anak untuk lebih mengenal Al-Qur’an serta menjadi generasi Qur’ani yang mampu menjaga dan memelihara kemurnian Al-Qur’an. Insyaallah di masa yang akan datang Kabupaten Aceh Tamiang akan memiliki lebih banyak lagi para penghapal Al-Qur’an yang bisa menyejukkan dan membawa keberkahan bagi Bumi Muda Sedia yang kita cintai ini,” pungkasnya. [ck/zuw]