Aceh Tamiang – Humas: Kamis (10/05/19) Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH, M.Kn melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan ke Mesjid Babul Falah Kampung Bukit Tempurung Kecamatan Kota Kualasimpang. Acara yang dimulai dengan berbuka bersama ini dan dilanjutkan dengan shalat tarawih bersama berjalan dengan tertib dan khidmat. Kedatangan tim disambut oleh Camat Kota Kualasimpang Aulia Azhari, dan Datok Penghulu Bukit Tempurung Ismail, beserta jajaran dan masyarakat setempat sekira pukul 18.20 WIB.

Usai sholat Isya, Bupati beserta para jamaah mendengarkan tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Dedi Suriansah yang menyampaikan Fungsi Kepemimpinan dalam Islam. Ustadz Dedi turut mengutarakan kekagumannya atas kekompakan Forkopimda yang terdiri dari Ketua DPRK, Kapolres, Dandim, Kajari, bersama-sama melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan. Ia berharap semoga kekompakan ini menjadikan Aceh Tamiang lebih baik kedepannya.

Dedi menegaskan bahwa Rasulullah diutus oleh Allah SWT dalam rangka menegakkan agama Allah, pembawa risalah untuk umat manusia. Rasulullah pertama sekali membacakan kepada umat ayat-ayat Allah, sekaligus mengajarkan umat dan membawa Syari’at Islam sebagai tugas penting untuk mengajarkan umat dan memperkenalkan kepada umat kepada Allah SWT.

“Sesungguhnya, Sholatku, ibadahku, hidupku, matiku untuk Allah, kita hidup atas perintah dan larangan Allah, yang memberikan rezeki Allah, umat diajarkan untuk menjadikan Allah tujuan hidup mencari keridhoan Allah SWT,” terang beliau.

Dedi melanjutkan, “Oleh karena itu, ketika kita membicarakan Islam, maka kita bicara tentang kehidupan, pemerintah dan umat, kekuatan dan kasih sayang, dakwah, jihad, aqidah dan ibadah yang benar. Dalam konteks itu barulah disebut Islam. Al-Qur’an merupakan firman Allah SWT yang menjadikannya mukjizat kepada Rasulullah, sedangkan yang dimaksudkan dengan hadits yaitu apa saja yang disandarkan kepada Nabi baik pada perbuatannya, sifat, tingkah laku, inilah yang disebut dengan hadits,” tegasnya.

Dedi kemudian menyebutkan, bahwa dalam Quran dijelaskan fungsi kepemimpinan dalam Islam adalah Menegakkan sholat, membayar zakat, mengajak orang berbuat kebajikan, dan mencegah perbuatan munkar. Ia mengatakan, bahwa siapapun yang dalam hidupnya berpegang tegus pada Al-Qur’an dan Hadist tidak akan tersesat selama lamanya.

Setelah tausiyah, Bupati kemudian menyerahkan bantuan sebesar Rp. 10 juta kepada BKM Masjid Babul Falah. Agenda safari kemudian dilanjutkan dengan sholat tarawih berjamaah.

Tampak dalam rombongan Safari Ramadhan, Ketua DPRK Fadlon, Sekretaris Daerah Basyaruddin, Kapolres AKBP Zulhir Destrian, Dandim 0117/Aceh Tamiang Letkol Inf. Deky Rayusyah Putra, Dan Yonif 111 Raider Khusus/KB Letkol Inf. Guruh Tjahyono, perwakilan Kejaksaan Negeri Aceh Tamiang beserta jajaran staf dan perwakilan SKPK. [ck]