Aceh Tamiang – Humas: Jum’at (03/05/19) Wakil Bupati Aceh Tamiang Tengku Insyafuddin, ST., secara resmi Meluncurkan Program Penyaluran Zakat dan Infaq Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Baitul Mal Kabupaten Aceh Tamiang. Acara bertempat di Halaman Pusat Keislaman (Islamic Center) Kabupaten Aceh Tamiang.

Acara yang dimulai sekira pukul 09.30 WIB tersebut di hadiri oleh unsur Forkopimda dan Forkopimda Plus, Kepala Baitul Mal Mulkan Tampubolon, Kepala Sekretariat Baitul Mal M. Fajar, Kepala Kantor Kemenag Aceh Tamiang Hasan Basri, Kepala Dinas Syari’at Islam Syamsul Rizal, Tim Pembina Baitul Mal, para perwakilan OPD, serta para Mustahik.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Kepala Baitul Mal Mulkan Tampubolon, menjelaskan bahwa penyaluran zakat yang akan disalurkan ini merupakan program unggulan dari Baitul Mal Aceh Tamiang yang rencananya akan disalurkan pada Bulan Ramadhan nanti. Adapun Program Penyaluran Zakat tahun 2019 ini yaitu bantuan santunan fakir uzur sebanyak 3.500 orang, santunan fakir disabilitas sebanyak 470 orang, santunan program peduli kaum dhuafa sebanyak 1.818 orang, bantuan peduli anak yatim-piatu miskin sebanyak 491 orang, bantuan guru mengaji dirumah/musholla/Mesjid sebanyak 213 orang, bantuan santri pesantren/dayah keluarga miskin sebanyak 550 orang, bantuan santunan muallaf sebanyak 20 orang dan bantuan perjalanan pendidikan mahasiswa baru ke luar negeri sebanyak 8 orang.

Mulkan menjelaskan, Baitul Mal akan selalu berusaha mengelola dana zakat dan infaq yang telah disalurakan kepada Baitul Mal dengan berbagai programnya. Adapun sebagian besar dana zakat dan infaq ini disalurkan sebanyak 80% untuk program fakir miskin dan sisanya 20% untuk fii sabilillah dalam menuntut ilmu.

Beliau menjelaskan Islam sangat bertolak belakang terhadap kemiskinan dan kebodohan, dan itu juga merupakan salah satu visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang. Baitul Mal, ungkapnya, selalu linier bersinerji pada visi dan misi pemerintah kabupaten untuk meminimalisir bentuk-bentuk kemiskinan dan kebodohan.

Selanjutnya sambutan dari Wakil Bupati Aceh Tamiang, mengatakan Pemerintah Daerah sangat menyambut baik atas terlaksananya kegiatan Peluncuran Program Baitul Mal. Wabup juga berterima kasih kepada penghimpun zakat, infaq dan shadaqah tahun 2018.

Baitul Mal di Kabupaten Aceh Tamiang telah berdiri dari tahun 2008 dan yang menjadi program unggulan yaitu beasiswa tahfiz Qur’an dan akhirnya seluruh kabupaten mengikuti program tersebut.

“Kami berharap melalui kegiatan ini kita dapat termotivasi untuk terus bergerak dan menuju perubahan hidup yang lebih baik dan kepada penerima manfaat kami berharap agar benar-benar memanfaatkan bantuan yang diberikan Pemerintah Kabupaten aceh Tamianga melalui Baitul Mal dengan sebaik-baiknya, sehingga tahun depan dapat berganti menjadi penerima program,” tuturnya.

“Kami berharap kepada Baitul Mal Kabupaten Aceh Tamiang untuk terus menggali potensi-potensi zakat yang belum tergali terutama di masing-masing Kampung, sehingga dapat meningkatkan perolehan Zakat, Infaq dan Shadaqah,” lanjutnya. [ck]