Aceh Tamiang – Humas: Wakil Bupati Aceh Tamiang Tengku Insyafuddin, ST menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Belakang Kantor Bupati Aceh Tamiang, Sabtu (01/06/19). Rangkaian upacara dimulai sekira pikul 08.15 WIB dengan penyiapan peserta upacara, kemudian dilanjutkan dengan pengibaran bendera Merah putih diiringi dengan lagu Indonesia Raya yang dibawakan oleh paduan suara Gita Swara Tamiang. Pasukan upacara terdiri dari prajurit TNI, anggota Polri dan seluruh ASN dan PDPK di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang.

Dalam amanat Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Hariyono yang dibacakan oleh Inspektur Upacara menyebutkan bahwa Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para Pendiri Bangsa. Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indoensia.

Selanjutnya, Wabup sebagaimana amanat yang dibacakannya mengatakan, ada dua hal yang dipesan Presiden Joko Widodo dengan peringatan Hari Lahir Pancasila. Pertama, bersama-sama mengenang dan merefleksikan momentum sejarah di mana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indoensia sebagai dasar negara. Kedua, kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

Turut hadir dalam peringatan tersebut Ketua DPRK Fadlon, Sekretaris Daerah Basyaruddin, Ketua Mahkamah Syari’ah, Ketua MPU Aceh Tamiang Ilyas Mustawa, Ketua MPD Fahmizar, Ketua MAA Abdul Muin, Wakapolres Aceh Tamiang Kompol. M. Nuzir, Kasdim 0117/Aceh Tamiang Mayor Inf. A. Ayani Perwakilan Kajari, para Kepala OPD serta Camat dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang. [des]