Aceh Tamiang – Humas : Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Dinas Kesehatan mengadakan kegiatan Forum Koordinasi dengan Lintas Sektor terkait Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Kabupaten Aceh Tamiang bertempat di Aula Hotel Grand Arya, kamis (20/06/19). Adapun pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk terselenggaranya penguatan pembangunan kesehatan untuk menurunkan beban penyakit, menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk dan menurunkan pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.

Forum Koordinasi ini dibuka langsung secara resmi oleh Bupati Aceh Tamiang Mursil, sekira pukul 09.30 wib. Dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa dewasa ini mayoritas orang belum sadar betul akan kebersihan, padahal bersih itu membuat kita menjadi sehat.

“Berapapun kita bangun rumah sakit, tersedianya alat-alat medis yang mutakhir, dokter-dokter yang handal dibidangnya, itu semua tidak akan cukup kalau masyarakatnya tidak hidup sehat”, ungkapnya.

Mursil juga menjelaskan kecendrungan sakit dan kematian yang terjadi selama ini faktor utamanya adalah perilaku individu yang tidak tepat terhadapa kesehatan diri dan lingkungannya, sehingga perlunya menanamkan dan melatih anak sedini mungkin untuk hidup bersih.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tamiang Catur Hariyati, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan di 5 (lima) Kabupaten/ Kota terpilih yang langsung ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Provinsi Aceh yang terus aktif melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka mengajak masyarakat untuk membudayakan pola hidup sehat dalam keseharian.

Demi menciptakan masyarakat Kabupaten Aceh Tamiang yang sehat, Mursil mengajak bersama sama yang dimulai dari keluarga untuk menjaga pola makan untuk hidup sehat.

Forum koordinasi tersebut menghadirkan nara sumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Aceh Edi Bakhri, SKM, MKM dan dihadiri oleh para peserta rapat, Kepala Bidang serta Kepala Sub Bagian dari lintas sektor terkait. (Des)