Aceh Tamiang – Humas: Guna mewujudkan masyarakat yang sadar hukum, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Bagian Hukum Setdakab mengadakan Lomba Cerdas Cermat Kelompok Kampung Sadar Hukum (Kadarkum) tingkat Kabupaten, Selasa (16/07/19). Lomba cerdas cermat akan berlangsung selama 2 (dua) hari, yakni mulai hari ini sampai dengan besok, 17 Juli 2019 bertempat di Aula SKB Karang Baru.

Dimulai sekira pukul 10.00 WIB, Kabag Hukum Setdakab yang menjadi Ketua Panitia Pelaksana Ramadhani menyebutkan Lomba Cerdas Cermat Kadarkum tahun ini mengangkat tema “Kampung Milenial, Kampung Sadar Hukum” diikuti oleh masing-masing Kelompok Kampung Bina sadar hukum dengan total 40 Kampung dari 12 Kecamatan. Setiap kelompok mengirimkan orang wakilnya sebagai peserta pada ajang ini.

Rahmadani juga menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran hukum di lingkungan masyarakat dalam Kabupaten Aceh Tamiang dan berperan aktif dalam upaya pelaksanaan dan penerapan kesadaran hukum di lingkungannya.

Di akhir laporannya, Rahmadani menambahkan, bagi para pemenang akan mendapatkan piala, sertifikat dan uang pembinaan. Juara I mendapat uang tunai sebesar Rp. 9.000.000, Juara II mendapat Rp. 7.000.000, Juara III mendapat Rp. 5.000.000. Sementara, Juara Harapan I mendapat uang tunai sebesar Rp. 3.000.000, Juara Harapan II mendapat Rp. 2.000.000, dan Juara Harapan III mendapat Rp. 1.500.000.

Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH., M.Kn. dalam arahannya menjelaskan, pembentukan dan pembinaan Kampung Sadar Hukum (Kadarkum) adalah satu bentuk penyuluhan hukum yang merupakan program pemerintah yang dilaksanakan secara nasional. Ia menyebutkan kegiatan Lomba Cerdas Cermat Kadarkum merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan.

Bupati Mursil berharap setiap anggota masyarakat mengetahui dan meningkatkan kesadaran akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara Indonesia, memahami dan mentaati terhadap hukum yang berlaku.

Tampak hadir dalam kegiatan ini, Ketua MPU Aceh Tamiang Ustadz H. Ilyas Mustawa, para perwakilan unsur Forkopimda dan Forkopimda Plus, para Camat dalam Kabupaten Aceh Tamiang, serta para peserta lomba cerdas cermat. [ck]