Aceh Tamiang – Humas: Demikian pesan yang disampaikan oleh Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH., M.Kn dalam acara tepung tawar Jamaah Calon Haji (JCH) 1440 H, Kamis (18/07/19). Acara tepung tawar diselenggarakan oleh Bagian Kesra Setdakab yang bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Aceh Tamiang di Tribun Belakang Kantor Bupati sekira pukul 09.30 WIB.

Dalam arahannya Bupati Mursil mengatakan, Jamaah Calon Haji merupakan tamu pilihan. Beliau menjelaskan selama berada di tanah suci, para jamaah sekiranya dapat memanfaatkan momentum terbaik ini agar dapat menunaikan salah satu rukun Islam kelima sehingga meraih haji mabrur.

Pada kesempatan tadi, Bupati menitipkan pesan kepada para JCH supaya mendoakan kebaikan Bumi Muda Sedia selama berada di sana. “Selain mendoakan untuk diri sendiri, anak dan keluarga, doakanlah Kabupaten Aceh Tamiang yang saat ini tengah berbenah (untuk lebih rapi dan indah) dapat berjalan dengan lancar. Doakan agar Aceh Tamiang semakin subur dan makmur. Di sanalah semua doa kita dikabulkan oleh Allah SWT jadi sekali lagi, jangan sia-sia kan peluang untuk berdoa,” lanjutnya.

Masih dalam arahannya, Bupati Mursil juga mengingatkan saat ini cuaca di tanah Arab mencapai suhu 42 0C. Dikatakannya, ini merupakan satu bentuk ujian, karenanya ia berharap para jamaah dapat memperbanyak istighfar dan shalawat guna melatih kesabaran.

“Jagalah kesehatan karena ibadah haji membutuhkan kekuatan yang fisik yang prima dan banyaklah meminta kepada Allah supaya diberi kekuatan melaksanakan ibadah dengan sempurna, dan sekembalinya dengan memperoleh haji mabrur dan mabrurah,” pesan beliau.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Aceh Tamiang Hasan Basri melaporkan JCH Aceh Tamiang yang akan berangkat pada musim haji tahun ini tercatat sebanyak 113 orang yang terdiri dari 67 jamaah perempuan dan 46 jamaah laki-laki. Sebelum keberangkatan, para Jamaah Calon Haji telah dibekali dengan berbagai ilmu melalui manasik haji, serta kajian lainnya.

Hasan Basri menjelaskan, JCH asal Aceh Tamiang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 7 bersama JCH asal Kota Langsa dan JCH Kota Banda Aceh. Sementara, petugas haji pada kloter ini berasal dari Kabupaten Aceh Tamiang. Direncanakan, Jamaah Calon Haji nantinya akan bertolak ke Banda Aceh pada Ahad malam, tanggal 28 Juli 2019. Dari sana, JCH kloter 7 berangkat ke Jeddah - Arab Saudi pada Selasa tanggal 30 Juli 2019.

Di akhir acara, Bupati Aceh Tamiang secara simbolis menyerahkan perlengkapan haji kepada para JCH, dan menepung tawari mereka. Tampak ikut menepung tawari JCH asal Aceh Tamiang, di antaranya Ketua DPRK Fadlon, Kapolres AKBP Zulhir Destrian, Dandim 0117/Aceh Tamiang Letkol Inf. Deki Rayusyah Putra, Ketua MAA Abdul Muin, Ketua MPD Fahmizar. Hadir pula para Kepala SKPK dalam Kabupaten Aceh Tamiang, perwakilan BPS, BPIH, IPHI Aceh Tamiang. [ck/zuw]