Aceh Tamiang – Humas : Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang menggelar Lomba Dayung Sampan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. Lomba digelar di Sungai Tamiang Kecamatan Kota Kualasimpang, Sabtu (17/08/19).

Ketua Panitia Lomba yang juga Camat Kota Kualasimpang Aulia Azhari menyebutkan, lomba dayung sampan merupakan tradisi yang dilaksanakan khusus hanya pada Peringatan HUT RI.

“Lomba dayung sampan ini merupakan lomba tradisi yang hanya bisa disaksikan setiap kali Peringatan HUT Kemerdekaan RI. Selain tradisi, kegiatan ini sebagai hiburan dan merupakan salah satu permainan masyarakat yang hidup dan tinggal di kawasan DAS Sungai Tamiang. Kegiatan ini sesuatu yang harus terus dilestarikan serta menjadi budaya khas masyarakat Aceh Tamiang yang harus dipertahankan hingga ke generasi kita yang akan datang”, demikian ungkapnya.

Karena lomba tahunan ini, tepian Sungai Tamiang pun hari ini, mulai dari pagi hingga sore dipadati oleh masyarakat yang antusias menyaksikan lomba yang sudah menjadi tradisi tahunan masyarakat Aceh Tamiang.

Para peserta lomba dayung sampan tradisional ini mengambil garis mulai dari Pelabuhan Perahu Kota Kualasimpang. Lomba diikuti oleh 30 sampan. Para peserta dilepas langsung oleh Camat Kota Kualasimpang didampingi oleh Ketua DPRK Fadlon dan Kasdim 0117/Aceh Tamiang Mayor Inf. A. Ayani. [ris/des]