Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH., M.Kn., didampingi Kadis Sosial, Camat Kota Kualasimpang, dan Kasdim 0117/Aceh Tamiang berfoto bersama beberapa penerima Bantuan Usaha Ekonomi Produktif usai penyerahan bantuan tersebut secara simbolis, Kamis (22/08/2019) di Aula SMP Islam Kota Kualasimpang. [dok. Humas 2019]

 

Aceh Tamiang – Humas: Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH., M.Kn., menyerahkan secara simbolis Bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) bagi keluarga Rentan bersumber APBA 2019. Kegiatan dimulai pukul 11.15 WIB, bertempat di Aula SMP Islam Kecamatan Kota Kualasimpang, Kamis, (22/08/19).

Pada kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan kegiatan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan memberikan bantuan penguatan modal usaha untuk kegiatan ekonomi produktif sehingga diharapkan mampu meningkatkan ketersediaan pangan bagi rumah tangga rawan pangan/miskin, kelompok sasaran/binaan baik itu di perdesaan maupun perkotaan.

Bupati Mursil berharap, kegiatan UEP ini, dapat meningkatkan kegiatan usaha masyarakat untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi masyarakat serta meningkatnya pendapatan serta berkurangnya tingkat kerawanan pangan dan gizi. Dan menjadikan UEP ini, sebagai suatu pendekatan dalam proses mensejahterakan masyarakat dapat terealisasi dengan baik. Kepada para penerima bantuan UEP, Bupati tegas meminta agar bantuan tidak diperjualbelikan.

Diakhir arahannya, ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada perwakilan dari Dinas Sosial Provinsi Aceh yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat di Kabupaten Aceh Tamiang.

Adapun Bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) bagi kelurga Rentan yang bersumber dari APBA Tahun 2019 akan diberikan kepada 125 orang Kepala Keluarga Rentan yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang. Rincian bantuan, yakni bantuan usaha menjahit sebanyak 50 orang, usaha kuliner sebanyak 40 orang, dan bantuan usaha pertanian jagung 35 orang. Penerima tersebut berasal dari 12 Kecamatan dalam Wilayah Kabupaten Aceh Tamiang. Selain penyerahan bantuan, kegiatan turut diisi dengan Bimtek bagi para penerima bantuan.

Tapak hadir pada kegiatan ini, perwakilan Dinas Sosial Aceh Asra Riady, Kadis Sosial M. Alijon, Kasdim 0117/Atam mayor Inf. A. Ayani, para Camat dalam Kabupaten Aceh Tamiang, serta para insan pers. [th/zuw]