Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin, ST., didampingi Kabag Humas Agusliayana Devita, menyerahkan piala dan sertifikat kepada Yusri (wartawan Harian Waspada), yang memperoleh predikat Penulis Terbaik 1 pada Lomba Penulisan Berita Pembangunan Daerah Aceh Tamiang Bermutu dalam ajang Anugerah Jurnalistik Aceh Tamiang tahun 2019, Rabu (21/08/2019) di Aula Setdakab Aceh Tamiang. [dok. Humas 2019] 

 

Aceh Tamiang – Humas : Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Bagian Humas Setdakab Aceh Tamiang menggelar acara Anugerah Jurnalistik Aceh Tamiang Tahun 2019. Acara diselenggarakan di Aula Setdakab Aceh Tamiang, Rabu (21/08/19) dan dimulai sekira pukul 10.00 WIB.

Kabag Humas, Agusliayana Devita, selaku Ketua Panitia menyebutkan, ajang ini bertujuan memberikan apresiasi kepada jurnalis yang telah memiliki kepedulian dan minat dalam menyiarkan informasi tentang berbagai program Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang. Dikatakan, kegiatan yang menjadi ajang unjuk kebolehan para jurnalis ini, diharapkan dapat menjadi sarana pemacu profesionalitas para jurnalis dalam menyajikan informasi yang komprehensif, berdasarkan pada keakuratan fakta dan data.

Masih dalam laporannya Devi menjelaskan, peserta yang mengikuti Lomba Penulisan Berita Pembangunan Daerah Aceh Tamiang Tahun 2019 adalah para jurnalis/wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Aceh Tamiang. Nantinya, para pemenang Lomba Penulisan Berita Pembangunan Daerah Aceh Tamiang dan kategori Khusus diberikan hadiah berupa Uang Pembinaan, Piagam Penghargaan dan Tropi.

Lebih lanjut, disebutkan pada lomba Penulisan Berita Pembangunan Daerah, Penulis Terbaik 1 akan memperoleh hadiah uang pembinaan Rp. 1.500.000, Piagam Penghargaan dan Tropi; Penulis Berita Terbaik 2 akan memperoleh uang pembinaan Rp. 1.000.000, Piagam Penghargaan dan Tropi; Penulis Berita Terbaik 3 memperoleh uang pembinaan Rp. 500.000, Piagam Penghargaan dan Tropi, dan Terbaik 4 akan memperoleh uang pembinaan Rp. 250.000 serta Piagam. Sementara, pada Kategori Khusus, masing-masing akan memperoleh hadiah uang pembinaan Rp. 1.000.000, Piagam Penghargaan, dan Tropi.

Setelah laporan panitia, M. Hanafiah, dari unsur wartawan senior selaku Ketua Dewan Juri dalam ajang ini menyampaikan keputusan pemenang. Yusri, wartawan Harian Waspada, meraih Tebaik pertama, Ia berhasil mengumpulkan nilai tertinggi, 259, Penulis berita terbaik kedua diraih oleh Abdul Razzaq, wartawan media daring Lentera 24, dengan total nilai 242,5. Selanjutnya Eddyanto menempati posisi ketiga. Wartawan media Podium Publik ini memperoleh nilai 230. Terakhir, Amnurdani dari Harian Suara Reformasi di posisi keempat dengan raihan total nilai 207,5.

Sementara untuk kategori khusus Jurnalis dengan partisipasi aktif dan konsisten memberitakan setiap kegiatan dalam Kabupaten Aceh Tamiang diberikan kepada Abdul Karim, Jurnalis Fikiran Sumut. Sedangkan untuk kategori khusus The Most Update of News Forum diberikan kepada Forum Berita Aceh Tamiang yang merupakan forum berita di Media Sosial yang berpartisipasi aktif dan konsisten memberitakan setiap kegiatan dalam Kabupaten Aceh Tamiang.

Usai menyerahkan Penghargaan, Wakil Bupati Aceh Tamiang Tengku Insyafuddin, ST., dirinya mengatakan selaku Wakil Kepala Pemerintahan sangat mengapresiasi ajang ini. Ia berharap kedepannya kegiatan ini dapat lebih bagus lagi, sehingga dapat memotivasi para jurnalis lainnya.

Kepada para wartawan yang hadir, Wabup berpesan agar dapat terus mengembangkan kemampuan dalam menulis. Menurutnya, tulisan-tulisan wartawan di media adalah pengingat bagi pemerintah untuk selalu berada di jalur yang benar.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh para perwakilan unsur Forkopimda, Kepala BKPSDM Fauziati, Sekretaris Kominfo Patria Kelana, Kepala Bagian Kesra Nur Asmah, serta para jurnalis dalam Kabupaten Aceh Tamiang. [ck]