Wakil Bupati Aceh Tamiang Tengku Insyafuddin, ST., menepung tawari Camat Seruway M. Hans Martha Kesuma beserta isteri usai prosesi Serah Terima Jabatan dan Pelantikan serta Pengukuhan Ketua TP-PKK dan Bunda PAUD Kecamatan Seruway, Rabu (04/09/2019), di Kantor Camat Setempat. [dok. Humas 2019]

 

Aceh Tamiang – Humas: Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin, ST., memimpin prosesi Serah Terima Jabatan Camat Seruway, Rabu (04/09/19), di Halaman Kantor Camat setempat, sekira pukul 09.00 WIB. Serah Terima Jabatan Camat dilakukan dari Husaini kepada M. Hans Marta Kusuma, serta Ketua TP-PKK dan Bunda PAUD.

Wakil Bupati Insyafuddin dalam sambutannya mengatakan, peran Camat sangatlah penting dalam penyelenggaraan roda pemerintahan. Selain menyelenggarakan urusan pemerintahan umum, sebut Wabup, Camat juga bertugas mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat, menyelenggarakan ketenteraman dan ketertiban umum, serta tugas-tugas lain yang melekat, berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Karena begitu vital dan pentingnya peran serta fungsinya tersebut, sebagai daerah pesisir, saya selaku Pimpinan Daerah memerintahkan Camat Seruway untuk mengefektifkan kinerja hingga mampu mendorong pemberdayaan yang bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat pesisir pada umumnya,” ungkap Wabup.

Pada penutup pesannya, Wabup berpesan kepada Camat supaya dapat mengaplikasikan falsafah hidup yang pernah dilontarkan oleh Ki Hajar Dewantara dulu, “Ing ngarso sung tulodho, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani”, di depan menjadi teladan, di tengah menjadi penyemangat, di belakang menjadi pendorong, terutama bagi masyarakat Seruway.

Usai menyampaikan arahannya dan prosesi serah terima, Wabup Insyafuddin kemudian menepung tawari Camat Seruway dan Ketua TP-PKK Kecamatan Seruway. Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tamiang, Rita Syntia, ST., MM., yang melantik dan mengukuhkan Ketua TP-PKK dan Bunda PAUD Kecamatan Seruway, turut melakukan tepung tawar. Tepung tawar sendiri merupakan tradisi lokal untuk mendoakan dan memberikan restu agar mendapatkan kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan/melaksanakan sesuatu, dalam hal ini sebagai Camat.

Hadir dalam acara tersebut Staf Ahli Bupati Aceh Tamiang, sejumlah Kepala SKPK, para Camat, unsur Forkopimcam Kecamatan Seruway,  Imam Mukim dan para Datok Penghulu, serta para Tokoh Masyarakat. [ind/zuw]