Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab, Abdullah, ketika membuka acara Sosialisasi KUR bagi kelompok dan pelaku UMKM, Rabu (04/09/2019) di Aula SKB Karang Baru. [dok. Humas 2019]

 

Aceh Tamiang – Humas: Begitu disampaikan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab, Abdullah, saat membacakan amanat Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh, pada acara Sosialisasi KUR bagi UKM di Kabupaten Aceh Tamiang, bertempat di Aula SKB Karang Baru, Rabu, (04/09/19) sekira pukul 09.15 WIB tadi.

“Kredit Usaha Rakyat atau KUR merupakan program Pemerintah, yang memberikan kemudahan bagi UMKM untuk memperkuat usahanya melalui akses pembiayaan serta investasi yang ditujukan untuk usaha produktif dan layak dalam berbagai sektor usaha,” demikian ungkap Abdullah.  

Lebih lanjut disebutkannya, KUR bagi pelaku usaha UMKM telah diluncurkan sejak tahun 2007 dan mulai efektif dari Tahun 2008. Pemerintah terus-menerus melakukan evaluasi serta perbaikan-perbaikan demi kesempurnaan dam memperluas akses KUR bagi pelaku usaha. KUR juga diharapkan dapat mendorong tumbuhnya wirausahawan-wirausahawan baru.

Selaku perwakilan dari Pemerintah Daerah, Abdullah berharap, pelaksanaan kegiatan ini dapat memberi motivasi bagi semua komponen pemangku kepentingan dan pelaku usaha untuk terus berjuang, melakukan tugas dalam upaya percepatan pertumbuhan ekonomi Aceh melalui pembinaan Koperasi dan UMKM serta kehidupan perekonomian masyarakat Aceh di masa yang akan datang, sesuai dengan RPJM Aceh Tahun 2017-2022.

Meski demikian, Abdullah menambahkan, bahwa kredit KUR harus dikawal agar tepat sasaran, dan peruntukannya harus jelas sesuai dengan kebutuhan, sehingga tidak menuai masalah yg mengakibatkan kredit macet. Ia berpesan program KUR bagi UMKM harus dimonitor dan diawasi agar dapat berhasil guna dan berdaya guna sehingga program tersebut dapat dirasakan bagi para wirausahawan-wirausahawan yang ada di Bumi Muda Sedia ini.

Pada kegiatan yang diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari calon debitur dan pendamping KUR, Panitia Pelaksana menghadirkan narasumber, yakni Rosnita, dari Dinas Keperasi, dan UKM Aceh; Ikhsan, Account Officer BRI Cabang Kota Kualasimpang; dan Suhartono dari Bank Mandiri.

Turut Hadir pada kegiatan ini, Plt. Kepala Dinas Koperasi, UKM & Perindustrian Kabupaten Aceh Tamiang, Saflina Wati, beserta jajaran sebagai leading sector dan penanggungjawab kegiatan, para peserta sosialisasi KUR bagi UMKM di Kabupaten Aceh Tamiang. [th/zuw]