Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH., M.Kn., melakukan penanaman perdana Mangga Malaba di Kp. Bandar Setia Kec. Tamiang Hulu, Jumat (06/09/2019). [dok. Humas 2019] 

 

Aceh Tamiang – Humas: Dinas Pertanian, Perkebunan dan Perternakan Kabupaten Aceh Tamiang kembali menggelar kegiatan Penanaman komoditas Hortikultura. Kali ini wilayah yang dikunjungi oleh dinas tersebut adalah Kecamatan Tamiang Hulu, tepatnya di Kampung Bandar Setia. Acara dimulai sekira pukul 16.45, Jum’at (06/09/19).

Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, M.Kn., tampak hadir dalam kegiatan tersebut. Dalam arahannya, ia menyampaikan pengembangan kawasan hortikultura merupakan salah satu program Pemerintahan Bermutu, pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis potensi lokalita di Bumi Muda Sedia.

"Penanaman ini dilakukan guna mendongkrak semangat masyarakat dalam membudidayakan tanaman hortikultura, terutama jenis buah-buahan," demikian disampaikannya.

Pada kesempatan ini Dinas Pertanian, Perkebunan dan Perternakan membagikan bibit Holtikultura berupa Mangga Malaba, dan Duku Tembung kepada 3 (tiga) Kelompoktani yakni Sinar Harapan, Setia Jaya dan Bandar Lestari. Masing-masing kelompoktani menerima 200 (dua ratus) batang bibit Mangga Malaba dan 250 (dua ratus lima puluh) batang bibit Duku Tembung.

Kegiatan dimulai dengan dialog Bupati Mursil bersama para anggota kelompoktani Kampung Bandar Setia. Dalam pada ini, Bupati Mursil menjelaskan, pengembangan tanaman Hortikultura di Kecamatan Tamiang Hulu, bukan di Kampung Bandar Setia saja, namun juga dilaksanakan di beberapa kampung lainnya.

“Diharapkan, paling tidak dua atau tiga tahun kedepan, bibit mangga yang telah kita bagikan dan kita tanam, sudah bisa dirasakan hasilnya. Saya minta supaya dirawat dan dijaga baik-baik, karena bibit yang diberikan merupakan varietas unggul”, sebutnya.

Dikatakan juga olehnya, masyarakat tani jangan terpaku pada komoditi kelapa sawit dan karet saja. Masyarakat harus punya penghasilan lain, termasuk dari buah-buahan.

“Program ini, diharapkan bisa mendongkrak perekonomian masyarakat”, tegasnya.

Beliau pun meyakini, jika kita semua bersungguh-sungguh dalam membudidayakan tanaman hortikultura ini, upaya menjadikan Tamiang sebagai sentra buah-buahan akan terwujud dengan segera.

Sebelumnya, Datok Bandar Setia mengucapkan terima kasih kepada Bupati Mursil karena telah mendukung terlaksananya program ini. Pada kesempatan ini juga Sekretaris Dinas Pertanian, Perkebunan dan Perternakan Kaupaten Aceh Tamiang, M. Nasir, menyebutkan pihaknya melalui Balai Penyuluhan Pertanian siap melakukan pembinaan dan pendampinan kepada seluruh kelompoktani sampai tanaman yang ditanam bisa berhasil berbuah. [des/is]