Aceh Timur – Humas: Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin, ST., menghadiri Peringatan Hari Koperasi ke-72 Tingkat Provinsi Aceh di Lapangan Upacara Pusat Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur, Senin (16/09/19).Acara dimulai sekira pukul 09.15 WIB dengan diawali pembacaan ayat suci al-Qur’an dilanjutkan Shalawat Badar, Lagu Kebangsaan serta Mars Koperasi.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Aceh, Zulfadli, selaku Ketua Panitia melaporkan, dalam memperingati Hari Koperasi ada beberapa rangkaian kegiatan, yaitu gerak jalan santai yang akan dilaksanakan pada hari minggu 15 September 2019. Sedangkan untuk malam puncak peringatan Hari Koperasi, akan dilakukan penyerahan penghargaan kepada 15 koperasi berprestasi Tingkat Aceh, penyerahan santunan kepada 100 anak yatim, dan pameran produk-produk unggulan koperasi dan UKM binaan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi dan 23 Kabupaten/Kota, yang berlangsung mulai tanggal 16 hingga 20 September 2019.

Bupati Aceh Timur, Hasballah M. Thaib, atau yang lebih dikenal dengan sapaan Rocky, turut mengapresiasi Pemerintah Aceh yang telah mempercayakan Kabupaten Aceh Timur sebagai tuan rumah Peringatan Hari Koperasi ke 72. Dengan peringatan tersebut Rocky berharap, agar koperasi kedepan benar-benar mampu mendukung ekonomi masyarakat. Hal ini, sebutnya, memerlukan pendampingan dan pembinaan serius dari instansi terkait.

Harapan Bupati Rocky ini sejalan dengan butir penting amanat Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, pada Peringatan Hari Koperasi. Dalam amanatnya, yang dibacakan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Aceh mengatakan, Plt. Gubernur Aceh berharap agar koperasi di Aceh kedepannya benar-benar bisa menjadi tulang punggung perekonomian masyarakat.


Acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah lomba Koperasi Tingkat Provinsi berupa piala dan hadiah lainnya kepada beberapa Kab/Kota. Kemudian Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh, Wildan, membuka pameran Koperasi se-Aceh serta turut meninjau beberapa anjungan. Dalam pada ini, Kabupaten Aceh Tamiang turut memeriahkan acara dengan mengikutsertakan anjungan Koperasi Ajang Ambe yang memamerkan bermacam produk kerajinan khas Aceh Tamiang, mulai dari tenun, pelbagai olahan mengkudu, sulam dan aneka makanan ringan.

Sebagai informasi, bahwa tahun depan, direncanakan Peringatan Hari Koperasi Tingkat Provinsi ke 73 akan dilaksanakan di Kabupaten Aceh Tamiang.

Pada Peringatan Hari Koperasi di Aceh Timur tadi, tampak Bupati Aceh Timur, Hasballah M. Thaib beserta segenap unsur Forkopimda, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh, Wildan, Wakil Ketua Dekranasda Aceh, Dyah Erti Idawati, Wakil Walikota Langsa, Marzuki, Komisioner Dewan Koperasi Indonesia, sejumlah Pimpinan SKPA, dan para Kepala SKPK terkait, yang hadir dari 23 Kabupaten/Kota se-Aceh. [is/ck]