Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, M.Kn dan Ibu Rita Syntia Mursil, yang didampingi Sekda Basyaruddin beserta Ketua DWP Kabupaten, Arnis, beramah-tamah bersama Tim Penilai Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga dari Kementerian Kesehatan RI, Rabu (18/09/2019) di Pendopo Bupati Aceh Tamiang. [dok. Humas 2019]

 

Aceh Tamiang – Humas: Acara ramah tamah dan makan bersama antara Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, M.Kn dan Ibu Rita Syntia, ST, MM dengan Tim Penilai Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga dari Kementerian Kesehatan RI, Tim Pembina Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga Provinsi Aceh berlangsung sekira pukul 20.45 dan bertempat di Pendopo Bupati Aceh Tamiang, pada Rabu, (18/09/2019).

Pembina Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga (Asman Toga) Provinsi Aceh, Dr. Diah Erti Idawati, MT., istri Plt. Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT., ketika diwawancarai mengatakan, kehadirannya di Aceh Tamiang adalah dalam rangka penilaian Asman Toga Tingkat Nasional, "Sejauh mana Asman Toga diterapkan di Desa, baik kelompok, pribadi dan masyarakat,” jelasnya.

Dyah menjelaskan, Asman Toga merupakan jenis tanaman obat-obatan herbal, yang ditanam di pekarangan rumah bertujuan untuk meminimalisir efek mengkonsumsi makanan yang mengandung zat kimia sintetis yang berbahaya bagi kesehatan. Beragam jenis tanaman tersebut, sangat berguna, terutama bagi ibu-ibu hamil untuk mencegah dan meminimalisir stunting di Provinsi Aceh pada umumnya, terkhusus di Kabupaten Aceh Tamiang. 

Saat ini Kabupaten Aceh Tamiang mewakili Aceh dalam penilaian perlombaan Asman Toga Tingkat Nasional, Dyah berharap Kabupaten Aceh Tamiang mampu keluar sebagai pemenang.

"Selamat kepada Ibu Rita Syinta, sebagai juara pertama Asman Toga Tingkat Provinsi yang saat ini, mewakili Aceh untuk tingkat Nasional dan juga menjadi Bunda PAUD terbaik tingkat Provinsi Aceh. Sekali lagi Selamat atas capaian yang telah diraih, semoga apa yang telah diraih selama ini, dapat dipertahankan dan menjadi icon bagi Kabupaten lain,” tukas Dyah.

Dyah menambahkan, Potensi di Aceh Tamiang tentunya sangat dekat dengan Sumatera Utara ini merupakan keuntungan untuk wilayah pemasaran bagi produk handalan yang merupakan Tanaman Asman Toga. Adapun yang merupakan hasil karya olahan dari daerah sendiri, diantaranya Minuman Jahe, Sirup Mengkudu, Kain Songket, kerajinan tangan kapal pinisi, dan masih banyak yang lain.

Beliau juga menjelaskan Saat ini Aceh Tamiang sudah nampak jauh lebih maju dari sebelumnya. Hal ini terbukti dengan produk dari Asman Toga, yang dikampanyekan, dan capaian prestasi yang ditoreh. Dan juga mengkampanyekan Bunda Paud di tingkat perdesaan guna mempersiapkan sumberdaya anak menjadi generasi yang berkualitas, agar kedepan siap berkompetisi di segala bidang. Ia mengatakan Aceh Tamiang telah menjadi daerah yang progresif dan mampu memacu ketertinggalan dengan daerah lain.

“Sesuai dengan Program Presiden Joko Widodo, "SDM unggul Indonesia Maju", itu yang menjadi harapan bagi kita semua, untuk produk Asman Toga setempat berupa Minuman jahe, sirup mengkudu selain bermanfaat rasanya juga luar biasa." begitu ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Rita Sintya, ST., MM., turut mengajak masyarakat yang berada di luar Aceh Tamiang, untuk datang ke Aceh Tamiang. Selain panorama alam yang indah, kuliner yang khas, dan hasil kerajinan tangan yang merupakan hasil karya lokal unggulan, Bumi Muda Sedia kini tengah bergiat membudidayakan pelbagai tanaman Asman Toga juga mengandung manfaat yang begitu besar bagi kesehatan.  

“Terkait stunting kami sudah mensosialisaikannya hingga ke Kampung-Kampung agar para Ibu hamil dapat menjaga pola asupan makanannya yang seimbang dan menjaga masa kehamilan sehingga ibu dan anak dapat hidup sehat,” ujar beliau.

"Apalagi saat ini Bunda PAUD sudah terintegrasi dengan Puskesmas sehingga dampak stunting dapat diminimalisir. selain itu pula upaya lain untuk mengantisipasi kejadian stunting tersebut, Perlunya Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga yang ditanam di seputaran pekarangan rumah yang mengandung manfaat yang begitu besar bagi kesehatan tubuh,” lanjutnya.

“Kedepan Aceh Tamiang menjadi daerah yang maju dan sejajar dengan daerah-daerah lain,” begitu ungkapnya.

Turut Hadir dalam acara tersebut Tim Penilai Tingkat Nasional, Pembina Asman Toga Tingkat Provinsi Aceh, Sektetaris Daerah (Basyaruddin, SH) serta Kepala Perangkat Daerah Dalam Kabupaten Aceh Tamiang dan juga Insan Pers. [th]