Aceh Tamiang – Humas: Surat masih menjadi rujukan utama pada aktivitas instansi pemerintah. Fenemona saat ini, intensitas persuratan semakin tinggi dan menuntut kecepatan waktu dalam kinerja suatu intansi. Oleh karenanya, untuk meningkatkan kinerja tersebut Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian menyelenggarakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Sistem Manajemen Layanan (SIMAYA) Persuratan, pada Rabu (13/11/19), bertempat di Aula Media Center Diskominfosan Aceh Tamiang.

Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah, Basyaruddin, SH sekira pukul 09.30 WIB. Dalam sambutan Bupati Aceh Tamiang yang dibacakannya, dikatakan dewasa ini, kemajuan teknologi mengharuskan persuratan elektronik menjadi solusi untuk mendukung dan menunjang administrasi perkantoran.

“Sosialisasi dan Bimtek ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)”, ujar Sekda.

Sekda Basyar menekankan, setiap instansi pemerintah pusat dan daerah sudah seharusnya mendukung sistem ini untuk mewujudkan kepemerintahan yang baik (good governance).

Sebelumnya Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian, Amiruddin Y., dalam laporannya menyampaikan, tujuan bimtek ini guna mempercepat proses pengambilan keputusan maupun pemberian pelayanan publik, mumudahkan pimpinan dan staf dalam melacak aliran surat, meningkatkan keandalan dokumentasi informasi yang tersimpan dalam bentuk digital serta meningkatkan keamanan persuratan.

Kegiatan ini menghadirkan 2 (dua) narasumber dari Diskominfo Kota Bandung yakni Angga Fitrah Yulianto dan Oki Fajar Wijayanto. Sosialisasi dan bimtek diikuti 60 (enam puluh) peserta dari perwakilan SKPK yang ada di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang. [des]