Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH., M.Kn bersama Wabup, Tengku Insyafuddin, ST dan unsur Forkopimda Aceh Tamiang meluncurkan Car Free Day, yang ditandai dengan pelepasan balon gas, Ahad (24/11/19) sekira pukul 7.15 WIB pagi tadi, di Jl. Ir. Juanda, Karang Baru.

 

Aceh Tamiang – Humas: Sekira 3000-an warga Kabupaten Aceh Tamiang pada Ahad (24/11/19) sekira pukul 7.15 WIB pagi tadi antusias mengikuti peluncuran Car Free Day (CFD) atau dikenal dalam Bahasa Indonesia dengan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB).

Kegiatan diawali senam massal jantung sehat yang diikuti seluruh warga yang berhadir. Usai senam, Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH., M.Kn bersama Wabup, Tengku Insyafuddin, ST dan unsur Forkopimda Aceh Tamiang meluncurkan Car Free Day, yang ditandai dengan bunyi sirine dan pelepasan balon gas di Jl. Ir. Juanda, Karang Baru.

Plt. Kepala Dinas Perhubungan, Drs. Abdullah selaku leading sector kegiatan CFD, mengatakan program ini sengaja dibuat untuk mensosialisasikan kepada masyarakat Aceh Tamiang agar menurunkan ketergantungan terhadap kendaraan bermotor.

Disebutkannya, selain mengajak masyarakat mengurangi ketergantungan tersebut, kegiatan dapat menjadi ajang silaturrahmi bagi sesama yang mampu mengembalikan energi positif.

“Masyarakat diajak untuk berolah raga bersama, dan bisa menggunakan sebagian badan Jl. Ir. Juanda, baik untuk jalan santai, bersepeda, jogging, dan sebagainya, tanpa perlu khawatir ada kendaraan bermotor yang melintasinya. Karena mulai dari Depan Kantor Bupati s.d. Polres ditutup mulai pukul 6.30 - 10.00 pagi,” jelasnya.

Peluncuran Car Free Day pagi tadi dimeriahkan dengan kegiatan senam massal jantung sehat, jalan santai, lomba mewarnai, sepeda santai, donor darah, jambore IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia), bermain sepatu roda, festival drumband dan Gebyar GISA (Gerakan Indonesia Sadar Adminduk).

Direncanakan, kegiatan CFD akan digelar setiap pekan, berlangsung dari pukul 06.30 - 10.00 WIB. Selama kurun waktu 3,5 jam tersebut, 1 lajur Jl. Ir. H. Juanda, atau tepatnya sepanjang jalan Depan Kantor Bupati Aceh Tamiang sampai dengan Polres Aceh Tamiang akan ditutup sementara. [zuw]