Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin, ST berpose bersama para pengelola perpustakaan berbagai kategori, yang menjadi pemenang pada Lomba Perpustakaan tingkat Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2019. [dok. Humas 2019]

 

Aceh Tamiang – Humas: Dalam rangka mengembangkan kegemaran membaca, Bagian Perpustakaan dan Arsip Setdakab Aceh Tamiang mengadakan kegiatan Roadshow meningkatkan minat budaya baca dalam perkembangan literasi bagi masyarakat. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula SKB Karang Baru, Senin (25/11/19) sekira pukul 09.00 wib dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin, ST.

Wakil Bupati dalam arahannya mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang dalam rangka mengemban tanggung jawab untuk melaksanakan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia pada Bagian Perpustakaan dan Arsip.

Dikatakan Wabup, dalam mendukung pendidikan, posisi perpustakaan menjadi penting dalam menyediakan dan memfasilitasi transformasi berbasis masyarakat artinya pengembangan perpustakaan disesuaikan dengan kebutuhan pasar (masyarakat).

“Harapan kami melalui pengembangan perpustakaan di Aceh Tamiang, dapat menyatukan persepsi, agar semakin mantap, maju dan jaya, serta menghasilkan rumusan terbaik, untuk memajukan serta meningkatkan peran perpustakaan dan arsip ditengah kencangnya informasi dan digitalisasi,” harapnya.

Sebelumnya dalam kesempatan yang sama Kepala Bagian Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Laila Hidayati, menyampaikan ini merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk menumbuh kembangkan kegemaran membaca, memperkenalkan sekaligus mengajak siswa/i untuk berkunjung ke perpustakaan serta menumbuhkan kecintaan kepada budaya nusantara.

Dalam kegiatan tersebut, Bagian Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Setdakab turut mengundang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Bagian Tata Pemerintahan, serta 200 peserta yang terdiri dari Pengelola Perpustakaan tingkat SLTP dan SLTA, Pengelola Perpustakaan Desa, Komunitas Baca, Pegiat Literasi serta para siswa/i perwakilan dari Sekolah tingkat SLTP dan SLTA.

Dalam kesempatan tersebut juga ada penyerahan hadiah kepada pemenang Lomba Perpustakaan Sekolah tingkat SD, SLTA, SLTA dan Perpustakaan kampung se-Kabupaten Aceh Tamiang. Penilaian perlombaan sendiri telah berlangsung dari mulai bulan September hingga Oktober dengan penilaian secara bertahap.

Untuk tingkat SD, juara I dimenangkan oleh SD N Tangsi, Juara II dimenangkan oleh SD N 1Kualasimpang dan untuk juara III dimenangkan oleh SD 2 Percontohan. Sedangkan untuk tingkat SLTA, Juara I dimenangkan oleh SMP N 1 Karang Baru, Juara II dimenangkan oleh SMP 4 Percontohan dan Juara III dimenangkan oleh SMP N 1 Kualasimpang. serta untuk tingkat SLTA, Juara I dimenangkan oleh SMA N 1 Kejuruan Muda, Juara II dimenangkan oleh SMA 1 Karang Baru dan Juara III dimenangkan oleh SMA N 2 Percontohan.

Sementara itu, kategori Perpustakaan kampung, Juara 1 dimenangkan oleh kampung Menanggini, Kecamatan Karang Baru. Juara II dimenangkan oleh Kampung Rantau Pauh, Kecamatan Rantau, dan Juara III dimenangkan oleh kampung Binjai Kecamatan Seruway. [ck/zuw]