Aceh Tamiang – Humas: Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang menerima bantuan dana Corporate Social Responsbility (CSR)/ Tanggungjawab Sosial Perusahaan, dan bantuan dari Baitul Mal BRI Kantor Cabang Aceh Tamiang. Penyerahan bantuan tersebut dipusatkan di Kecamatan Tamiang Hulu. Kegiatan berlangsung mulai pukul 10.30 WIB, bertempat di Halaman Kantor Camat Tamiang Hulu, Kamis (10/12/2019).

Ada pun bentuk bantuan CSR tersebut yaitu untuk bantuan pembangunan mesjid, bantuan pembangunan sarana sekolah yang diberikan. Sedangkan bentuk bantuan yang berasal dari Baitul Mal BRI berupa voucher senilai 200.000, diberikan kepada anak yang akan dikhitan serta santunan kepada anak yatim.

Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin, ST., dalam sambutannya menyampaikan salam Bupati Aceh Tamiang yang tak dapat hadir dikarenakan kegiatan lainnya. Disebutkan Wabup, selaku Wakil Kepala Daerah, ia sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dijelaskannya, Pemkab Aceh Tamiang mendukung program pengkonversian setiap bank konvensional yang beroperasional di Aceh Tamiang, termasuk BRI, agar beralih ke bentuk bank syariah. Harapan ini, jelasnya, terutama disampaikan kepada BRI, karena BRI merupakan bank yang unitnya ada hingga di pelosok kecamatan.

Mengenai bantuan yang telah disalurkan, Wabup mengatakan kedepan dapat lebih meningkat dan tepat sasaran. Sementara kepada penerima bantuan, khususnya panitia pembangunan mesjid, Wabup menegaskan agar benar-benar menggunakan daya yang diberikan sesuai dengan kebutuhan.

Sementara itu, Kepala BRI Cabang Aceh Tamiang, menjelaskan, penyaluran CSR ini bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun BRI yang Ke 124. Dikatakan, selaku Kepala Cabang, ia berharap dengan bantuan yang diberikan pihaknya itu dapat berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat yang merupakan mitra utama bagi BRI.

“Tanpa kerja sama antara BRI, pemerintah dan masyarakat atau nasabah, maka BRI tidak akan tumbuh dan berkembang,” paparnya.


Adapun bantuan yang diberikan ialah untuk 1 rumah ibadah dan 2 sekolah di Aceh Tamiang. Rinciannya, Bantuan untuk Mesjid Besar Baitussalam, Kecamatan Tamiang Hulu, sebesar Rp. 200 juta guna pembangunan kubah. Kemudian, Bantuan untuk sekolah, SMAN 2 Patra Nusa dan MAN 2 Aceh Tamiang, masing-masing Sebesar Rp. 100 juta, berupa pembangunan fisik dan pengadaan barang.

Selanjutnya, Santunan Anak Yatim berupa uang saku sebanyak 15 penerima, Khitanan Massal sebayak 30 penerima ditambah uang saku dan Bingkisan. Disebutkan, khitanan dan santunan anak yatim bersumber dari dari YBM BRI (Yayasan Baitul Mal BRI)

Tampak hadir dalam penyerahan bantuan tersebut, Camat Tamiang Hulu, M. Nur, beserta unsur Forkopimcam, Kabag Humas, Agusliayana Devita, para Mukim dan Datok Penghulu se-Kecamatan, tokoh masyarakat, perwakilan penerima bantuan, serta sejumlah masyarakat setempat. [ck/zuw]