Aceh Tamiang - Humas : Permasalahan mengenai penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan memang menjadi masalah yang cukup rumit untuk diselesaikan. Oleh karena itu, Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Tamiang mengadakan kegiatan Pembentukan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ). Bertempat di Aula Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Aceh Tamiang, dimulai pada pukul 10.30 wib, Kamis (12/12/19).


Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang Basyaruddin, SH mewakili Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH, M. Kn mengatakan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, saat ini sedang berupaya melakukan pengembangan infrastruktur jalan, maka perlu adanya kerjasama yang baik antara semua stakeholder agar nantinya program tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

Dikatakannya, permasalahan lalu lintas di kabupaten Aceh Tamiang pada saat ini mulai dirasakan oleh pengguna jalan, terkait tingginya volume lalu lintas dan pertumbuhan kendaraan yang sangat cepat, yang tidak dimbangi dengan prasarana transpotasi jalan yang memadai dan tentunya hal ini, merupakan tanggungjawab kita bersama untuk mengatasi permasalahan ini.

Disamping itu pula, forum LLAJ ini adalah badan adhoc yang berfungsi sebagai wahana untuk mensinergikan tugas pokok dan fungsi setiap instansi penyelenggara Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) dalam rangka menganalisis permasalahan, menjembatani, menemukan solusi, dan meningkatkan kualitas pelayanan.

“Harapan Kami melalui forum ini, dapat mengantisipasi permasalahan lalulintas dan angkutan jalan (LLAJ) khusususnya di Kabupaten Aceh Tamiang dan meminimalisir resiko kecelakaan dijalan raya. Kepada para peserta Forum LLAJ ini, agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan bersungguh-sungguh, sehingga nantinya mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat serta dapat diimpementasikan dalam berkendara dijalan raya,”harapnya.

Sebelumnya dalam laporan Panitia Pelaksana Kabid. Darat Eddawr Latifurahman, menyampaikan perlu adanya pemikiran secara kolektif untuk terlaksananya sistem penyelenggaraan lalu lintas dan angkuta jalan yang baik sekaligus memecahkan dan menganalisis permasalah yang terjadi, serta terciptanya kualitas pelayanan lalu lintas dan angkutan jalan yang baik untuk masyarakat.

Dikatakanya, dengan adanya forum ini dapat menyusun program pencegahan kecelakaan lalu lintas di bawah kepolisian dengan memberikan masukan dan saran dalam rangka penetapan rencana induk jaringan LLAJ.

"Untuk menanggulangi dampak lalu lintas maka perlu ada kerjasama yang baik antara semua instansi agar nantinya program tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, " paparnya.

Tampak hadir dalam kegiatan ini, mewakili Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah I Provinsi Aceh, KEpala Dinas Perhubungan Provinsi Aceh atau yang mewakili, Unsur Forkopimda Aceh Tamiang, Kasatlantas Aceh Tamiang, LSM, Komunitas Atakamo serta Tokoh Masyarakat. [ck]