Aceh Tamiang – Humas : Wakil Bupati Aceh Tamiang H. T. Insyafuddin, ST menghadiri acara Bakti Sosial dan Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) tahun 2020 bekerjasama dengan Kecamatan Seruway pada Sabtu (14/03/20). Kegiatan ini sekaligus pelaksanaan pelatihan laporan BUMK bagi Datok Penghulu dan Bendahara Kampung se Kecamatan Seruway dan Pelatihan Bagi Kepala Sekolah yang berlangsung selama dua hari yakni 14-15 Maret 2020.

Wabup dalam sambutannya menyatakan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang sangat mengapresiasi Kegiatan Baksos ini, karena kegiatan-kegiatan yang dibuat pastinya sangat membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan. Tentunya, sebut Wabup ini merupakan kegiatan yang sangat mulia.

Sebelumnya Rektor UISU dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang khususnya Pihak Kecamatan Seruway karena telah memfasilitasi kegiatan ini. Beliau kemudian menyebutkan ketertarikan pihaknya memilih Aceh Tamiang untuk melaksanakan program ini terkait penamaan Kepala Desa, yakni Datok Penghulu yang kemudian dihubungkan apakah sebutan itu berkaitan dengan pelaksanaan Otonomi Khusus (OTSUS) di Aceh atau ada faktor sejarah yang mempengaruhinya. Fakultas Ekonomi UISU sebut Rektor akan melaksanakan kegiatan serupa nantinya di Wilayah Kota Langsa dan Lhokseumawe.

Sementara Nurdin, S.Pd selaku Ketua Pelaksana kegiatan ini menyampaikan usai giat seluruh acara pihaknya akan mengajak Rombongan untuk meninjau Ekowisata Tuntong Laut di Kampung Pusong Kapal, ajakan tersebut sembari memperkenalkan salah satu lokasi Wisata Aceh Tamiang yang memiliki satwa langka endemik Tuntong yang hanya ada di Pesisir Bumi Muda Sedia.
Usai rangkaian kegiatan, acara dilanjutkan dengan Penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) antara Pemkab Aceh Tamiang dan UISU sebagai bentuk untuk memperkuat komitmen serta bekerja bersama dan berkarya nyata.

Dalam Acara ini Pihak UISU juga melaksanakan Santunan Anak Yatim berjumlah 20 orang. Tampak Hadir Ketua PGRI Aceh Tamiang, Sekcam Seruway, Kapolsek Seruway, Danramil Seruway, Para Datok Penghulu, Para Bendahara Kampung, dan Para Ketua BUMDes dalam Wilayah Kecamatan Seruway. [dn/des]